PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.96-103Abstract
ABSTRAKPembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu dan dikemas dalam satu tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian dengan analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di beberapa muatan pelajaran, kecuali IPA. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di semua muatan pelajaran. Pada siklus III peningkatan hasil belajar di beberapa muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PKN dan IPS yang memperoleh peningkatan sebesar 100%. Untuk muatan IPA pada siklus III ini memperoleh peningkatan sebesar 90%, sedangkan untuk SBdP adalah 95%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu.Kata kunci: Problem Based Learning Model (PBL); Tematik; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)References
REFERENSI
Amelia Rosmala. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
AM, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 07 WAJAK. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemdikbud.
faisal Miftakhul, I., Nyoto, H., & Gamaliel Septian, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7).
Gunantara, Suarjana, & Riastini, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58-67. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391.
Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).