PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yuda Ardi Saputra, Ayu Rizki Susilowati

Abstract


ABSTRAK
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu dan dikemas dalam satu tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian dengan analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di beberapa muatan pelajaran, kecuali IPA. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di semua muatan pelajaran. Pada siklus III peningkatan hasil belajar di beberapa muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PKN dan IPS yang memperoleh peningkatan sebesar 100%. Untuk muatan IPA pada siklus III ini memperoleh peningkatan sebesar 90%, sedangkan untuk SBdP adalah 95%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu.
Kata kunci: Problem Based Learning Model (PBL); Tematik; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Amelia Rosmala. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

AM, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 07 WAJAK. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemdikbud.

faisal Miftakhul, I., Nyoto, H., & Gamaliel Septian, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7).

Gunantara, Suarjana, & Riastini, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58-67. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391.

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.96-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ