MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111Abstract
ABSTRAKPada kegiatan pembelajaran IPA, banyak sekali kegiatan yang mengharuskan siswa berpikir secara kritis, aktif serta kreatif. Pembelajaran yang menarik bagi siswa merupakan suatu yang harus dilakukan agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Dalam menyajikan pembelajaran di kelas guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi dengan menggunakan metode atau dengan strategi saja, tetapi juga guru dituntut untuk menguasai beberapa model pembelajaran. Pada kenyataannya, model yang sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah model klasikal. Model pembelajaran ini sebaiknya harus diubah oleh guru agar proses pembelajaran lebih baik dan bermakna. Peningkatan hasil belajar serta efektivitas pada proses pembelajaran IPA telah dilakukan melalui berbagai upaya, salah satu dari upaya tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT. Model pembelajaran kooperatif dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antar siswa. Sehingga perlu adanya analisis kembali secara keseluruhan dalam sebuah penelitian untuk melihat seberapa besar peningkatan pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar serta bagaimana proses pembelajaran tersebut dilakukan di SD. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Systematic Literatur Review (SLR). Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT pada mata pelajaran IPA di SD sangat besar. Sehingga model kooperatif TGT sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar, IPAReferences
REFERENSI
Anadiroh, Manapiah. 2019. Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anugraheni, Indri. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of language, Literature, culture, and education. Vol.14(1) Januari 2018, pp. 9-18.
Ardi Setyanto, N. 2017. Intraksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Astuti, Wahyu dan Firosalia Kristin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah sekolah Dasar. Vol 1(3). Pp. 155-162.
Cahyaningsih, Ujiati. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamnet (TGT) Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3(1) Januari 2017, pp. 1-5.
Darmayanti, K. A dkk. 2016. Pengaruh Model TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas V. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol 2(1). Tahun 2016, pp. 1-10.
Dias Putra, Maulana. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Teams Games Tournamnet Berbantuan Audio Visual.JLJ. Vol. 4(1) 2015, pp.1-10.
Fajar Nugroho, Dhessriyatno. 2013. PeningkatanKualitasPembelajaran IPA Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) PadaSiswaKelas V SD Kaliwiru Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Herliani, Nanik. 2017. Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Khususnya Pada materi Pemecahan Masalah Bilangan Romawi Di SDN Pagentan 5 Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal PTK dan Pendidikan. Vol.3(2) Desember 2017, pp. 55-62.
Hidayat, Syarif. 2012. Profesi Kependidikan Teori dan Praktik di Era Otonomi. Jakarta: PT Pustaka Mandiri.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).