PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS

Authors

  • Anggi Rahmani STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Dine Trio Ratnasari STKIP Setia Budhi Rangkasbitung,
  • Tjut Afrida STKIP Setia Budhi Rangkasbitung

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.112-118

Abstract

ABSTRAKTujuan peneliti ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual dalam menumbuhkan minat belajar IPS. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa ketika belajar IPS lebih asik dengan dirinya sendiri, tidak memperhatikan guru dan acuh terhadap teman yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa masih rendah. Dengan media audio visual diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar IPS, karena dengan penerapan media audio visual dapat menyisipkan karakter agar siswa bisa merubah kebiasaannya dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan di Kp. Daleum Pasir Ds. Kadu Agung Timur Kec. Cibadak. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik fenomena yang sedang diteliti. Fokus utamanya adalah menjelaskan objek penelitiannya, sehingga menjawab apa peristiwa atau apa fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa, yaitu 4 orang siswa laki-laki dan 1 orang siswa perempuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat belajar IPS melalui media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media audio visual dapat menumbuhkan minat belajar IPS.Kata kunci: Minat Belajar, Media Audio Visual, IPS

References

REFERENSI

Abu, Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. (2000). Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No.22 Tahun 2006

Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Suciyanto. (2013). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Teka Teki Silang Di Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Rahmani, A., Ratnasari, D. T., & Afrida, T. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS. Jurnal Holistika, 5(2), 112–118. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.112-118

Issue

Section

Articles