PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.112-118Abstract
ABSTRAKTujuan peneliti ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual dalam menumbuhkan minat belajar IPS. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa ketika belajar IPS lebih asik dengan dirinya sendiri, tidak memperhatikan guru dan acuh terhadap teman yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa masih rendah. Dengan media audio visual diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar IPS, karena dengan penerapan media audio visual dapat menyisipkan karakter agar siswa bisa merubah kebiasaannya dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan di Kp. Daleum Pasir Ds. Kadu Agung Timur Kec. Cibadak. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik fenomena yang sedang diteliti. Fokus utamanya adalah menjelaskan objek penelitiannya, sehingga menjawab apa peristiwa atau apa fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa, yaitu 4 orang siswa laki-laki dan 1 orang siswa perempuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat belajar IPS melalui media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media audio visual dapat menumbuhkan minat belajar IPS.Kata kunci: Minat Belajar, Media Audio Visual, IPSReferences
REFERENSI
Abu, Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto. (2000). Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No.22 Tahun 2006
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suciyanto. (2013). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Teka Teki Silang Di Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).