EFEKTIVITAS KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.119-126Abstract
ABSTRAKKemampuan pemahaman merupakan suatu informasi yang diberikan kepada siswa berupa materi pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memahami materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang menarik yaitu media kartu kuartet. Kartu kuartet adalah media dalam bentuk permainan meliputi: beberapa jumlah kartu bergambar yang memiliki keterangan mengenai gambar tersebut dengan cara mengelompokkan 4 kartu dengan sub judul berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui keefektifan penggunaan kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Subjek penelitian adalah kelas IV.B dan IV.C di SDN 09 Tanjung Batu. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya yaitu True eksperimental design serta bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga didapat hasil perhitungan Independent sampel t-test diperoleh nilai signifikan = 0,00 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Kartu KuartetReferences
REFERENSI
Dwisang, E.L. 2013. Kamus Lengkap Indonesia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group
Faizah.N. I. H. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kuartet Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Jetis 3 Lamongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.5 No. 3
Hikmawati, F. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali
Gunawan & Palupi. 2016. Taksonomi Bloom-Ranah Kognitif: Kerangka Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2, Hal. 98-117
Kalmirasari & Darsono. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional, Mata Pelajaran Guru Kelas SD Unit IV Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kesumawati, H. 2017. Buku Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kholidah & Sujadi. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, No. 3, Hal 428-431
Priyanto, dkk. 2019. Pengaruh Kartu Kuartet dalam Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal of Education Thechnology, Vol. 3 Nomor. 4, Hal. 253-259
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sunanih, dkk. 2020. Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2 No. 3, Hal. 486-492
Supardan, D. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).