PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TEMA CITA-CITAKU SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU PEMBELAJARAN 1
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.65-72Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook, serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku pembelajaran 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini berpedoman pada model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, evaluasi.. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Muara Beres dengan subjek penelitian kelas IV. Pengembangan media scrapbook divalidasi oleh 3 validator dalam bidang bahasa, media, dan materi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari validasi aspek media sebesar 89%, aspek bahasa sebesar 100% dan aspek materi sebesar 100%. Pada tahap uji coba aspek media yang dilakukan kepada 36 siswa diperoleh respon sebesar 97% dengan kriteria sangat baik terhadap media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook yang dikembangkan dalam penelitian terbukti valid, mudah untuk digunakan, menarik, dan sangat sangat layak pada saat pembelajaran.Kata kunci: Media Pembelajaran, Scrapbook, Cita-citakkuReferences
Ansel, M. F. And Arafat, S. (2021) ‘Jurnal Pgsd’, Jurnal Pgsd, 11(2), Pp. 128–134.
Arsyad, A. (2019) Media Pembelajaran.
Asih, P. K., Hawanti, S. And Wijayanti, O. (2020) ‘Education Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan Membaca’, Indonesian Journal Of Primary Education, 4(1), Pp. 87–100.
Damayanti, M. (2017) ‘Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar’, 05(03), Pp. 803–812.
Dwiningrum, D. And Sukartiningsih, W. (2022) ‘Pengembangan Media Scrapbook Matuk ( Magic Picture Book ) Pada Abstrak’, Pp. 1–13.
Hasan, M. Et Al. (2021) ‘Media Pembelajaran’, In, P. 260.
Irwandani, I. And Juariyah, S. (2016) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), Pp. 33–42. Doi: 10.24042/Jpifalbiruni.V5i1.103.
Nurdiana, I.- And -, M. (2018) ‘The Relationship Between Using Scrapbook Media And Motivation In Learning Geography Of Sev-Enth Grade Students In Smp Negeri 41 Palembang (Hubungan Penggunaan Media Scrapbook Dengan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 41 Palembang)’, Edutech, 16(3), Pp. 274–287. Available At: Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edutech/Article/View/8079.
Restian, A. And Izar, A. (2020) ‘Jurnal Bidang Pendidikan Dasar ( Jbpd ) Tumbuhan Subtema 1 Hewan Di Sekitar Pada Kelas 2 Sd Arina Restian , Izar Alfian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Malang Jurnal Bidang Pendidikan Dasar ( Jbpd ) Pembelajaran Tema’, 4(1), Pp. 28–37.
Rostanti (2021) ‘Pendiknas: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar’, Rostanti, 01(02), Pp. 6–11.
Sari, I. P., Yuliantini, N. And Tarmizi, P. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Iv Sd Gugus X Kota Bengkulu’, Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), Pp. 1–8.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pengembangan (Research And Development/Rnd).
Tegeh, M., Jampel, I. N. And Pudjawan, K. (2014) Model Penelitian Pengembangan.
Utaminingsih, S., Agustini, F. And Aniq Khb, M. (2019) ‘Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku’, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), Pp. 64–70. Doi: 10.23887/Jppp.V3i2.17378.
Veronica, I., Subekti, E. E. And Tsalatsa, A. N. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd N Taman Sari 01 Pati’, Jurnal Sinektik, 2(1), P. 26. Doi: 10.33061/Js.V2i1.2986.
Wardhani, S. W. (2018) ‘Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar’, Js (Jurnal Sekolah), Pp. 124–130. Available At: Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Js/Article/View/9934.
Yayu, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Struktur Tumbuhan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 491-497.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).