PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR JAKARTA UTARA DAN KEPULAUAN SERIBU TENTANG KURIKULUM MERDEKA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang persepsi guru tentang kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang fokus pada pemberian pengalaman belajar yang terbaik dan bermakna bagi siswa. Tinjauan pustaka terkait topik ini mengungkapkan beberapa bidang pertimbangan mengenai perspektif guru tentang penerapan Kurikulum Merdeka yang baru. Desain kualitatif diimplementasikan dan dilakukan pada guru Sekolah Dasar di Jakarta Utara dan Pulau Seribu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru SD memiliki persepsi positif terhadap penerapan Kurikulum Merdeka, (2) terdapat lima faktor yang mempengaruhi persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka yaitu pengalaman mengajar guru, latar belakang pendidikan, pelatihan guru. , pengalaman pribadi sebelumnya dan gelar pendidikan guru. (3) Persepsi guru mempengaruhi cara guru memberikan proses pembelajaran kepada siswa. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan kurikulum Merdeka berpengaruh signifikan terhadap proses belajar mengajar yang diberikan oleh guru sekolah dasar.
Kata kunci: Persepsi Guru, Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Nation, I.S.P. & Macalister, J. 2010. Language Curriculum and Design. New York: Taylor and Francis Group
Creswell, John W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif,. Kuantitatif dan Campuran.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2019 (4 Episode Merdeka belajar)
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2020 (kebijakan Kurikulum merdeka)
Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset dan Teknologi 2022 (Kepmendikbudristek tentang Implementasi Kurikulum Merdeka)
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License