IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA PADA KURIKULUM 2013

Venni Herli Sundi, Zulela M S, Edwita Edwita

Abstract


ABSTRAK
Sekolah dasar adalah tempat dari Pendidikan dasar anak-anak yang dimana anak-anak dapat
memperoleh pengetahuan dan Pendidikan karakternya. Pada proses pengembangannya kurikulum
dalam proses meningkatkan karakter sangat penting untuk dilakukan saat ini, yaitu dimana proses
pembentukan karakter peserta didik. Tetapi pada kenyataannya kurikulum yang berbasis Pendidikan
karakter saat ini masih rendah yaitu dimana belum adanya integrasi nilai-nilai karakter ke dalam
seluruh mata pelajaran atau muatan local serta proses pengembangan diri dan kurangngnya sikap
pembiasaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam peleitian ini adalah bagaimana strategi
pembentuka karakter siswa dan bagaiamana peran guru dalam mengoptimalkan karakter dalam
kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD Lab
School FIP UMJ dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru. Hasil dari penelitian ini dengan
melaksakan wawancara dengan kepala sekolah dan guru yaitu di SD Lab School FIP UMJ
menanamkan Pendidikan karakter dengan mengintegrasikan dalam profil pelajaran Pancasila, yaitu
mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan Pemahaman Agama/Kepercayaan, untuk
memperkuat karakter tesebut SD Lab School FIP UMJ menerapkan pembelajaran Al Quran berbasis
Qiraati yaitu metode mambaca Al Quran dengan makhraj dan kaidah sebaik mungkin seperti yang di
contohkan Rasulullah SAW dengan begitu karakter siswa dapat meningkat.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013, Metode Qiraati


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. (PT. Remaja Rosdakarya, Ed.). Bandung

Admin. (2012). Kurikulum Pendidikan Karakter

Hendro Darmawan, D. (2010). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahas




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.24-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ