POLA PIKIR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BANGUN RUANG: STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Ade Firma Handriyani Putri, Nur Fauziyah, Afakhrul Mas’ub Bakhtiar

Abstract


Kegiatan pembelajaran matematika melalui upaya penyelesaian soal tidak bisa terlepas dari peran pola berpikir kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ragam tindakan berpikir kognitif peserta didik yang bersumber pada konsep taksonomi pembelajaran yang dikemukakan oleh Bloomfield dalam upaya menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang yang kompleks dan menemukan ragam faktor afektif yang mempengaruhi keberadaan pola pikir kognitif peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika pada materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek lebih cenderung menggunakan pola pikir tingkat rendah ketika berupaya untuk menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan ragam tindakan berpikir pada tingkat pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang ditunjukkan oleh subjek tersebut. Penelitian ini merekomendasikan bahwa guru diharapkan untuk berusaha keras dengan berbagai strategi dalam meningkatkan cara atau pola berpikir peserta didik untuk membangun pola berpikir tingkat tinggi guna mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., & Krathwohl, D. (2001). a Taxonomy for learning, teaching and asserting (Abridged E). Boston: MA:Allyn and Bacon.

Betty K. Garner. (2012). Getting to Got It: Helping struggling students learn how to learn. Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).1703 North Beauregard St. Alexandria, VA 22311-1714. Retrieved from http://www.ascd.org/publications/books/107024/chapters/Cognitive-Structures@-What-They-Are-and-Why-They-Matter.aspx

Chairani, Z. (2015). Perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Math Dicdactic, 1(3), pp. 200-210.

Fauziyah, N. (2020). Proses kognisi siswa autism spectrum disorder (ASD) tingkat SMA dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan perbedaan tingkat inteligensi. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fauziyah, N., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2020). Differences in the cognitive processes of autism spectrum disorder students in understanding mathematical problems based on the level of intelligence. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, Vol. 24(6), pp. 125-137.

Ferdiansyah, M.N. & Ekawati, R. (2021). Students’ cognitive process in problem solving on pattern materials reviewed from math anxiety. Journal of Mathematics Education of IKIP Veteran Semarang, Vol. 5(1), pp. 137-150.

Fitriyani, H. & Khasanah, U. (2017). Students’ rigorous mathematical thinking based on cognitive style. Journal of Physics, Vol. 9(1), pp. 1-6.

IEA. (2015) Timss 2015 Assessment Frameworks ed I V Mullis and M O Martin. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Centre.

Katagiri, S. (2004). Mathematical thinking and how to teach it. Tokyo: Meijitosyo Publishers.

Kinard, J.T. & Kozulin, A. (2008). Rigorous mathematical thinking: Conceptual formation in the mathematics classroom. New York: Cambridge University Press.

Lewy, Zulkardi, & Nyimas, A. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. J. Pendidikan Matematika 3 14-28

Mendikbud. (2015). Hasil survey trends in international mathematics and science study (TIMSS). Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Mitri, H. (2016). Tingkat tinggi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya Cognitive Field Independent (CFI) dan Field Dependent (FD). Pedagogia, 71-83.

Nuria, G.I, Lorenzo, J.B.N. & Eloisa, G.B. (2006). The affective domain in mathematics learning. International Electronic Journal of Mathematics Education (IEJME), Vol. 1(2), pp. 16-32.

Rahmani, W. & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui media tangram. HOLISTIKA – Jurnal Ilmu PGSD, 1(2), pp. 131-136.

Sakti, R.A.E. & Wahyudi. (2019). Penerapan model VAK berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. HOLISTIKA – Jurnal Ilmu PGSD, 3(1), pp. 37 – 44.

Siswono, T.Y. E. (2008). Model pembelajaran matematika berbasis pengajuan masalah dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Slavin, R. E. (2006). Educational psychology: Theory and practice (8th edition). Boston: Pearson Education, Inc.

Smetackova, I. (2015). Gender stereotypes, performance and identification with math. Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol. 2(4). pp. 211-219.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisimatematika: Apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FMIPA UPI.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dari berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.

Swanson, D. & Williams, J. (2014). Making abstract mathematics concrete in and out of school, Educational Studies in Mathematics, Vol. 8(6), pp. 193-209.

Wibowo, Y., Widowati, A., & Rusmawati, K. (2013). Peningkatan kreatifitas dan kemampuan kognitif siswa melalui outdoor learning activity. BIOEDUKASI, Vol. 6(1), pp. 49-64.

Yuliani, N. S. (2006). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.115-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ