Pengembangan Media Berbasis Video pada Pembelajaran IPAS Materi Permasalahan Lingkungan di Kelas V SD

Rizki Lestari, Jasiah Jasiah, Setria Utama Rizal, Nur Inayah Syar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi pada materi permasalahan lingkungan mengancam kehidupan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Angket diberikan kepada ahli media, ahli materi, wali kelas dan observer. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahap define peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis materi. Tahap kedua Design, perancangan draft awal media dalam bentuk storyboard. Tahap ketiga Development, produk yang dihasilkan berupa video animasi dengan hasil validasi ahli materi pada tahap akhir diperoleh persentase kevalidan sebesar 91,36% dengan kriteria “sangat valid” dan hasil validasi pada ahli media pada tahap akhir diperoleh persentase kevalidan sebesar 93,75% dengan kriteria “sangat valid”. Respon guru mendapatkan penilaian 94,16% pada katagori ”Sangat Baik” dan uji coba peserta didik sebanyak 23 peserta didik mendapatkan skor 90% pada katagori ”Sangat Baik”. Sehingga dapat dinyatakan peserta didik merasa senang dan tertarik. Terakhir Dessiminate, video animasi yang dihasilkan bisa diunduh di Drive atau Flashdisk peneliti dan disebarkan dalam bentuk CD secara terbatas kepada guru di SDN 2 Pahandut.
Kata kunci: powerpoint, pengembangan media, video animasi


Full Text:

PDF

References


Ariska. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Audio Visual Terintegrasi Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 77–88.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Jasiah, J. (2017). Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 65–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/akh.v5i1.446

Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset, dan T. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 003/H/KR/2022.

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14

Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongkong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 12(2), 72.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index, 1(1), 83.

Nisah, T., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk SMP Kelas VII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1–10.

Novianti, R. (2021). Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini. Educhild, 01(1), 22–29.

Nurhidayati, Imam, A., Ahsanuddin, M., & Wahib Dariyadi, M. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/10508

Peprizal, & Syar, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbais Web Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467.

Prasetyo, A. H., Hamid, A., Jasiah, & Hawa, A. M. (2021). Pemanfaatan Youtube Berbasis Simulasi pada Pembelajaran Online Materi PAI di Sekolah. Peluang Digital Di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0, 1, 327–338.

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Karakteri, 7(1), 34–45.

Riwanto, M. A., & Rahayuni, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Ketrampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar. Jornal Pancar, 2(2), 12–15.

Rizal, S. U., Uswatun, D. A., Sutisnawati, A., & Aditia, R. (2020). Pengembangan Computer Assisted Instructional Integrated Science Materi “ Hujan ” di Sekolah Dasar. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3(1), 43–52.

Syar, N. I., & Sulistyowati. (2021). Analysis of Student’s Need and Perseption on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(4).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) (S. Y. Suryandari (ed.); 1st ed.). Alfabeta.Cv.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.Cv.

Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzel Accounting (CPA) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi, XV(1): 45. Yogyakarya: Deepublis. Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1), 40–53.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100.

Yunika, E., Iriani, T., & Saleh, R. (2020). Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4D untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton. SNITT- Politeknik Negeri Balikpapan, 299–306.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.34-43

Refbacks



Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ