IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI DONGENG MELALUI TULISAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru)

Rachmi Nursifa Yahya, Dede Margo Irianto

Abstract


 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru dalam menceritakan kembali dongeng secara tulisan. Penilaian akan mencakup berbagai aspek, antara lain pemilihan kata, isi cerita, koherensi logika, kepatuhan pada kaidah penulisan EYD, jumlah kalimat, ketepatan penggunaan huruf kapital, dan kesesuaian unsur intrinsik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel 19 siswa kelas IV Laboratorium SD Al-Batani UPI Cibiru. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan metodologi tes penugasan. Adapun data diperoleh dari analisis data kuantitatif dan kualitatif dimana skor rata-rata siswa dihitung, dan skor kriteria penguasaan individu dan klasikal pun dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru menunjukkan kecakapan dalam menceritakan kembali dongeng secara tertulis dengan bantuan model picture and picture. Secara spesifik, 79% siswa berhasil memiliki nilai di atas 75, dan perolehan skor ketuntasan klasikal adalah 78,95%.


Full Text:

PDF

References


A, W. W. (2018). Bahasa Indonesia Sd Kelas Iv. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Issue 1).

Amirotun Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam, 10(No. 2 (2016)), 1–21.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas Viii Smp Al Ihsan Dan Smp Tashfia Kota Bekasi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30. Https://Doi.Org/10.24269/Adi.V2i1.887

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif. In Cv.Pena Persada. Http://Repository.Uinsby.Ac.Id/Id/Eprint/167/

Hartani, A., & Fathurahman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerpen Melalui Model Picture And Picture Berbantuan Media Cd Cerita Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 02(01), 17–38. Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Kredo/Article/View/2576

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Mahsun. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 32–46. Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V3i1.631

Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 152–162.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research And Development, 4(2), 85–96. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V4i2.343

Solchan. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sd.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperativ Learning. Pustaka Pelajar.

Yusron Muchsin, A. D. (2007). Cerita Dari Peternakan Kakek Tulus. Komisi Pemberantasan Korupsi.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.113-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ