IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI DONGENG MELALUI TULISAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru)
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.113-123Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru dalam menceritakan kembali dongeng secara tulisan. Penilaian akan mencakup berbagai aspek, antara lain pemilihan kata, isi cerita, koherensi logika, kepatuhan pada kaidah penulisan EYD, jumlah kalimat, ketepatan penggunaan huruf kapital, dan kesesuaian unsur intrinsik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel 19 siswa kelas IV Laboratorium SD Al-Batani UPI Cibiru. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan metodologi tes penugasan. Adapun data diperoleh dari analisis data kuantitatif dan kualitatif dimana skor rata-rata siswa dihitung, dan skor kriteria penguasaan individu dan klasikal pun dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru menunjukkan kecakapan dalam menceritakan kembali dongeng secara tertulis dengan bantuan model picture and picture. Secara spesifik, 79% siswa berhasil memiliki nilai di atas 75, dan perolehan skor ketuntasan klasikal adalah 78,95%.References
A, W. W. (2018). Bahasa Indonesia Sd Kelas Iv. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Issue 1).
Amirotun Sholikhah. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunikasi Islam, 10(No. 2 (2016)), 1–21.
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas Viii Smp Al Ihsan Dan Smp Tashfia Kota Bekasi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30. Https://Doi.Org/10.24269/Adi.V2i1.887
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif. In Cv.Pena Persada. Http://Repository.Uinsby.Ac.Id/Id/Eprint/167/
Hartani, A., & Fathurahman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerpen Melalui Model Picture And Picture Berbantuan Media Cd Cerita Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 02(01), 17–38. Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Kredo/Article/View/2576
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Mahsun. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 32–46. Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V3i1.631
Puspitoningrum, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kembali Dongeng Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 152–162.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research And Development, 4(2), 85–96. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V4i2.343
Solchan. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia Di Sd.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suprijono, A. (2012). Cooperativ Learning. Pustaka Pelajar.
Yusron Muchsin, A. D. (2007). Cerita Dari Peternakan Kakek Tulus. Komisi Pemberantasan Korupsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).