STRATEGI DAN TEKNIK MENGAJAR YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH

lutfi - lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan teknik mengajar yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di MIM (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia di MIM. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi dan teknik mengajar yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di MIM, antara lain: (1) Penggunaan media dan teknologi dalam mengajar, (2) Penerapan metode pembelajaran yang kreatif dan aktif, seperti Role Playing, Storytelling, dan Cooperative Learning, (3) Penerapan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti Discovery Learning dan Problem-Based Learning, dan (4) Pemanfaatan sumber belajar di luar kelas, seperti perpustakaan sekolah dan internet. Dalam hal ini, kreativitas guru menjadi kunci utama dalam memilih, mengembangkan, dan menerapkan strategi dan teknik mengajar yang efektif. Oleh karena itu, peran guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kajian terhadap pengajaran bahasa Indonesia di MIM serta memberikan referensi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di MIM

Full Text:

PDF

References


AI-Girl, Tan. 2007. “Creativity: A Handbook for Teacher.” New Jersey: World Scientific.

Davies, Dan et al. 2013. “‘Creative Learning Environments in Education-A Systematic Literature Review.’ Thinking Skills and Creativity.” 8(1): 80–91.

Difany, Salsabila, Dkk. 2021. UAD Press Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=MTk1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA150&dq=guru+kreatif&ots=zBNgufN4Nl&sig=lV-n5RDDEzOFE4tpmJTuG0CYDJE&redir_esc=y#v=onepage&q=guru kreatif&f=false (March 25, 2023).

Fitriyani, Yani, Nana Supriatna, and Mia Zultrianti Sari. 2021. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7(1): 97.

Ismail. 2019. “Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis.” Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 11(2): 26–27.

Moleong, Lexy J. 2000. Remaja Rosdakarya Metode Penelitian Kulitatif. Bandung.

Rahayu, Dian Rosdiana. 2022. Strategi Jitu Guru Kreatif. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=95VdEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=guru+kreatif&ots=Za9B-UsC7J&sig=Yhml9pbgRsEOddT-wA-0aOfsNvw&redir_esc=y#v=onepage&q=guru kreatif&f=false (March 25, 2023).

S, Nasution. 1996. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Transito.

Suryosubroto. 1996. ““Proses Belajar Mengajar Di Sekolah".” Rineka Cipta.

Tamam, Ahmad Chafidut, and Abdul Muhid. 2022. “Efektivitas Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ubudiyah Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa: Literature Review.” Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 10(1): 39–60.

Wijaya, Cece. 1991. “Kreativitas.

Pembelajaran Matematika. Disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika, 25 Februari 2012. NTT.

Bintoro, M. A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MIM) (Studi kasus di Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo). Kajiannya: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 9(1), 1–16.

Ismail. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(2), 26–27.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi dasar dan pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2015). Revolusi mental dan karakter bangsa melalui pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kurniawan, E. (2019). Kreativitas guru sebagai penggerak motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 108–117.

Siregar, M. I. (2021). Peran bahasa Indonesia dalam memperkuat identitas nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 67–75.

Syarifah, N., Hartini, N., & Nur, A. (2018). The effect of creativity of teachers on the effectiveness of Indonesian language learning at senior high schools. International Journal of Social Sciences and Humanities Research, 6(1), 1–11.

Tamam, A. C., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ubudiyah Untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa: Literature Review. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(1), 39–60.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.82-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ