INTERNALISASI IDENTITAS BANTEN MELALUI PEMBELAJARAN MULOK BAHASA JAWA BANTEN

Desta Ayu Aryanti, Rina Yuliana, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar (deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat. Unsur kebudayaan Indonesia yang pertama adalah bahasa. Perkembangan teknologi yang menghapus ruang dan waktu juga memberi pengaruh besar terhadap masuknya pengaruh budaya asing tersebut. Ada indikasi krisis karakter dan identitas serta integritas di kalangan generasi muda saat ini. penelitian tersebut yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten, mendeskripsikan faktor penunjang dan faktor penghambat dalam melaksanakan Internalisasi Identitas Banten melalui kegiatan pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten, dan mendeskripsikan hasil kegiatan pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten pada peserta didik di SD Negeri Pageragung Kota Serang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif, di mana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata dan gambar. Sehingga peneliti mengkaji data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi..  Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan perencanaan guru dalam penelitian ini telah berperan membuat rencana pembelajaran, mengembangkan materi, mempersiapkan media yang akan digunakan yang dibuat atas dasar pertimbangan kondisi peserta didik. Dan pada saat pembelajaran berlangsung keterampilan berbahasa jawa banten peserta didik sudah terlihat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.73-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ