PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL MODEL ADDIE MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN INDONESIA

Dede Sulastri, Tin Rustini, Agus Mulyana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap bahan ajar buku saku digital pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan Indonesia. Hal ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang mendukung proses belajar serta penanaman nilai karakter nasionalisme dan cinta tanah air kepada peserta didik. Penggunaan bahan ajar yang interaktif saat ini memiliki peran strategis sebagai upaya meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, utamanya pada pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menghasilkan sebuah bahan ajar buku saku digital sebagai upaya penanaman karakter nasionalisme dan cinta tanah air di kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan model desain ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya validator ahli materi, validator media, validator ahli pembelajaran, guru dan siswa  kelas V di SDN Brawijaya dan SD Tipar Kota Sukabumi. Akumulasi hasil uji kelayakan dari validator menunjukan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya, hasil skor yang diperoleh dari angket guru dan peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar buku saku digital “Sangat Layak” digunakan di lapangan dalam membantu proses pembelajaran IPS khususnya di kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci :

Bahan Ajar, Buku Saku Digital, Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air, Siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Apriani, I. (2016). Pengembangan Media Belajar: Angkak Beras Merah Dan Teh (Camellia Sinensis) Sebagai Pewarna Alternatif Preparat Basah Jaringan Tumbuhan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.19109/bioilmi.v2i1.1 140

Ardi Wijaya, K., Sapti, M., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Berbasis Teori Multiple Intelligence untuk Siswa Kelas IV SDN Ngupasan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 96–103. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20 249

Arfani, Laili. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum Vol. 11 (2) : 81–97.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.21 24

Farawita, F. (2018). Degradasi Ekologi Dan Kapitalisme Revolusi Hijau Dalam Buku Teks Sejarah Sma. 2. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(2), 139-144

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. 5. Jurnal Pendidikan Tambusai vol 5 (1) : 1631-1638

Hasriadi I. 2022. Metode Pembelajaran Inovatif di era digitalisasi. Jurnal Sinestesia, Vol. 12( 1,): 136-151 113. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v5i2.8359

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JpI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2),

Marwah, S.S. & Aam Abdusallam.(2020). Tinjauan Psikologis Humanistik dalam Pedagogik Spiritual. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan)Vol 2 (1): 15-28

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Qurrotaini, L., Susanto, A., Izzah, L., Setiyaningsih, D., & Triutami, D. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Materi Mitigasi Bencana Pada Pembelajaran Ips Di Sd. Jurnal Holistika, 6(1), 57. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.5 7-64

Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah Serta Problematika yang Dihadapi di Masa Kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 4 (3): (1918-1925)

Sari, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Ipa Dengan Penanaman Nilai Budai Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Didika (Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 1(1): 33-44.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahriman, A., & Mulyana, A. (2021). Multikulturalisme: Analisis Wacana Buku Teks Pelajaran Sejarah: english. Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan, 2(1), 17–31. https://doi.org/10.51190/jazirah.v2i1.22

Tricahyono, D., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. SOCIA: Jurnal IlmuIlmu Sosial, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32 294

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6. 1680

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. VII (2) : 84-98.

Yulius, H. (2021). Integration of Character Education in Pocket Book Android Based Digital on System Materials Linear Equation of Two Variables. 11(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.178-185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ