UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Ayu Dita Maharani, Vinencia Ika Indralin, Siti Dewi Maharani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kekayaan budaya Indonesia di kelas IV.B SD Negeri 112 Palembang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peerta didik mneingkat. Hal ini dapat dibuktikan dari ketuntasan hasil belajar peserta didik. dimulai pada siklus I terdapat ketuntasan hasil belajarpeserta didik 51,85%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajara peserta didik  naik menjadi 66,66%. Dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar peserta didik naik menjadi 85,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.B SD Negeri 112 Palembang tentang materi kekayaan budaya Indonesia.

Kata kunci: Model problem based learning, Hasil Belajar, Kekayaan budaya Indonesia



Full Text:

PDF

References


Andraeni, Rizka veny, dkk. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pecahan dan Geometri (PARI) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD 5 (1): 34-40.

Aqib, Zainal, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Yrama Widya.

Budinurani, Kharismatika dan Hella Jusra. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Komik dengan Role Playing Games. Holistika Jurnal Imiah PGSD 4 (2): 61-70.

Kurniasih, dkk. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Problem Based Learning. Pinisi Jurnal PGSD 2 (2): 614-620.

Nur Aniza, dkk. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas III. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 8 (2): 79-86.

Saputra, Yuda Ardi dan Ayu Rizki Susilowati. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD 5 (2): 96-103.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz Media.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 2 (3): 368-378.

Sumantri, Moh. Syarif. (215). Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surono, Eunike Tabita, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia Kelas 4 SD Negeri Patemon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai 3 (3): 780-789.

Wicaksono, Dirgantara dan Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD 3 (2): 111 – 126.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.138-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ