BUDAYA LITERSI BACA DAN TULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.101-112Abstract
ABSTRAKKurikulum pendidikan di Indonesia banyak sekali mengalami methamorfose. Methamorfose dari kurikulum tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Saat ini, banyak SD sudah menggunakan Kurikulum Merdeka pada kelas I dan juga kelas IV. Penelitian ini dilakukan guna melihat sejauh mana budaya literasi baca dan tulis yang diberlakukan di SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara terstruktur, teknik studi dokumentasi, dan teknik observasi participant. Pengumpulan datanya dilakukan dengan mengemukakan hasil wawancara terstuktur menggunakan instrument pedoman wawancara, teknik studi dokumentasi dan observasi untuk mengetahui data Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Jambon. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dalam pelaksanaannya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sudah diterapkan dengan baik, meski terdapat beberapa kendala, seperti pada kelas satu masih ada yang belum lancar membaca dan di kelas empat yaitu kurang konsisten dikarenakan beberapa kegiatan lain di sekolah. Selain itu, belum sepenuhnya siswa mempunyai minat dalam membaca dan menulis. Ditemui juga kendala-kendala lain, seperti siswa lebih suka bermain, merasa bosan, adanya kebisingan atau gangguan dari luar, faktor lelah, dan adanya buku yang rusak.Kata kunci: kurikulum merdeka, budaya literasi, ilmuReferences
REFERENSI
Adha, B. D. (2023). Profil Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik Pasca Implementasi Model TaRL SAC. Journal of Classroom Research, 5(Speciallssue), 35-40.
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik.
Anggreini, A. T., & Narimo, S. (2023). Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(3), 1704-1714.
Attamimi, T. A., Ahmad, R. F., & Al Fajar, R. (2023). Teknik Pengolahan Dan Penilaian Hasil Belajar Aspek Kognitif Dalam Evaluasi Pembelajaran: Studi Analisis Pembelajaran Daring. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 147-160.
Azizah, A. N. (2022). The Needs of Elementary School Teachers in Literacy Learning on Reading Comprehension Competence. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6159-6166.
Dermawan, H. M. (2023). Gerakan Literasi Sekolah sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 311-328.
Devianty, R. (2019). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 3(1).
Elizabeth, Y. K. (2023). School Literacy Movement and Impact on Students' Reading Interest Elementary School. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 6(1), 129-132.
Fahrianur, F. M. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.
Fikri, M., Adinda, R., Putri, R., & Ayu, S. (2023). Pengaruh Penguasaan Guru dalam Melakukan Variasi Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3137-3145.
Firmansyah, R. d. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa SD. Journal of Basic Learning and Thematic, 1(1), 8-112.
Hanin, N. H. (2020). Reading Literacy Movement in Elementary School. Al-Mudarris: Journal of Education, 3(1), 93-104.
Hartini, Y., Apriliya, S., Saputra, E. R., & Mulyadi, S. (2023). Evaluasi Program Gerakan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar.
Hikmawati, D., Rahmadani, F., Syarifuddin, S., & Safitri, S. (2023). Pengaruh Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar para Pendidik dalam Efektivitas Pembelajaran di Kelas. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 79-93.
Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-12.
Khofifah, S. &. (2021). Literacy Conditions of Reading, Writing and Calculating for Elementari School Students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 342-349.
Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2023). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 102-110.
Labudasari, E. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2018, 6.
Lena, M. S., Nisa, S., Putri, O. K., & Husna, R. H. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 177-185.
Liansari, V. T. (2021). The Implementation of Literacy Culture Programs in Elementary School. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching), 8(2), 189-197.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Marlina, T. d. (2022). Peran Guru pada Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar Untuk Merealisasikan Program Merdeka Belajar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 160-166.
Marmoah, S. P. (2022). Literacy Culture Management of Elementary School in Indonesia. Heliyon, 1-10.
Masyhura, N. &. (2021). Implementation of Digital Literacy in Elementary Schools. International Journal of Elementary School, 5(4), 639-647.
Mumpuni, A. d. (2021). Implementation of The School Literacy Movement During the Covid-19 Pandemic. Premiere Educandum: Journal of Basic Education and Learning, 11(1), 75-86.
Nabila, H. d. (2023). Pemanfaatan Saung Baca sebagai Sarana Penguatan Gerakan Litersi Sekolah (GLS). Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 128-141.
Nasution, P. A., Gajah, R., Hasibuan, N. S., Mukhlis, M., Ginting, N., yari Batubara, M. S., & Lubis, A. M. (2023). PELATIHAN LITERASI BACA TULIS DAN NUMERASI PADA KELOMPOK ANAK DI DESA MOMPANG JAE. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(2), 148-155.
Nuraeni, S. H. (2023). Penggunaan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Siswa Kelas1 Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 835-842.
Putri, A. &. (2023). Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 178-187.
Rahayu, N. D. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Sarnoto, A. Z., Farizal, M. S., Surasman, O., & Lubisd, Z. H. (2022). Diversity of Interpretation in Responding to the Independent Policy of Learning. International Journal of Health Sciences, 4429–4437.
Sholikhah, U. A. (2023). Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 245-258.
Simanora, N. M. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. Journal on Teacher Education, 4(3), 196-203.
Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suardipa, I. P. (2023). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam Tatanan Kotruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2).
Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: Analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936-5945.
Totoh, A. (2021). Literasi di Era Pandemi. www.kumparan.com, Diakses Pada 25 Juni 2023.
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Bumi Aksara.
Wjayanti, S. H. (2023). The School Literacy Movement in Elementary School: From Pre-Pandemic to Post-PandemicCovid-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 189-202.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Yanti, N. M. (2023). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).