PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD

Siti Nurkholifah, Salsa Nadya Safitri, Otib Satibi Hidayat, Nidya Chandra Muji Utami

Abstract


Mengkaji bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Manggarai 05 merupakan fokus dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Kelas IV di SDN Manggarai 05 dengan total 115 siswa menjadi lokasi dan populasi penelitian, di mana sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas IVB ditetapkan sebagai kelas eksperimen, sementara kelas IVD sebagai kelas kontrol. Pendekatan pengumpulan data mencakup wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis statistik digunakan sebagai metode analisis data, termasuk uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 28. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Paired sample t-test) adalah 0,001 yaitu p < 0,05 yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Manggarai 05.


Full Text:

PDF

References


Adha, A., Rera, A., & Farisi, S. Al. (2023). Analysis of the TGT Cooperative Learning Model in Physics Learning: In Terms of The Implementation of Procedures and Principles. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i1.70

Ali, L. U., Tirmayasri, T., & Zaini, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Papan Game Number One untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.76

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA Delina Andreani Ganes Gunansyah Abstrak. Jpgsd, 11(9), 1841–1854. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54388

Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928

Hoerudin, C. W. (2022). The Role of Indonesian Language Learning in Shaping the Character of Students. International Journal of Science and Society, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i1.412

Maufur, H. F. (2020). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Alprin.

Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914

Permadi, R. N., Kartikowati, S., & Rizka, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP. Journal of Education Research, 4(1), 197–202. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.139

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Sapmawati, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 42–45. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1271

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830

Siska, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran IPS. Garudhawaca.

Surur, M., Prasetya Wibawa, R., Jaya, F., Ayani Suparto, A., Harefa, D., Faidi, A., Triwahyuni, E., Kadek Suartama, I., Mufid, A., Purwanto, A., & Tinggi Agama Islam Khozinatul Ulum Blora, S. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education, 57(9), 1196–1205. www.psychologyandeducation.net

SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.11-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ