UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA KELAS V SD NEGERI 2 PAHANDUT
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.31-37Abstract
Hasil belajar IPA yang telah didapatkan pada pembelajaran sebelumnya dikelas, menunjukkan bahwa sebagian besar tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman materi pembelajaran yang disampaikan, dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya media yang digunakan dan kurang efektifnya model pembelajaran yang dipakai sehingga mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan mengalihkan perhatiannya terhadap hal yang menurut nya lebih menarik. Kurangnya perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik karena terbukti dari hasil pengamatan peneliti pada saat evaluasi akhir yang dilakukan guru setelah kegiatan belajar mengajar selesai, di kelas V SD Negeri 2 Pahandut hanya 23.5% peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 61,5 dengan jumlah perserta didik 17 orang dengan KKM 70. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Pahandut, kelas V Tahun Pelajaran 2023/2024 mata pelajaran IPA. Peserta didik berjumlah 17 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan. Metode penelitian ini menggunakan PTK yang dilakukan dengan 2 siklus. Berdasarkan analisis data, persentase ketuntasan belajar secara klasikal setiap siklus penelitian mengalami peningkatan perbaikan kualitas pembelajaran, dimana pada siklus I rata-rata 70 dengan ketuntasan belajar sebesar 58.88%, pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 82,35 ketuntasan belajar 94.11%, ini sudah dikatakan tuntas, karena bahwasanya pembelajaran dikatakan tuntas apabila secara klasikal siswa yang mendapat nilai 70 keatas mencapai 85% dari jumlah siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah model inkuiri berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 2 Pahandut.Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri, RealiaDownloads
Published
2024-06-15
How to Cite
Kartini, N. H. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA KELAS V SD NEGERI 2 PAHANDUT. Jurnal Holistika, 8(1), 31–37. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.31-37
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).