ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS BLENDER PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.1-10Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan terkait pengembangan media video animasi 3D berbasis blender pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn). Latar belakang penelitian ini mencakup pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa dan meningkatkan pemahaman tentang pelajaran PPKn di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan survei untuk menentukan kebutuhan dan masukan guru dan siswa terkait penggunaan video pembelajaran animasi 3D. Selain itu, guru dan siswa diwawancarai secara langsung untuk mengetahui kebutuhan dan harapan terkait penggunaan media ini dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) terhadap kelas V sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dalam pengembangan media video animasi 3D berbasis blender pada mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan menyebar kuisieoner kepada guru dan siswa kelas V sekolah dasar. Berdasarkan hasil penemuan di lapangan didapatkan peserta didik merasa kesulitan dalam mata pelajaran PPKn tepatnya pada materi pembelajaran karakter. Maka dari itu, peserta didik membutuhkan sebuah media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media video animasi 3D berbasis blender dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran siswa di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan siswa.Kata kunci: Media video, Animasi 3D, Pembelajaran PPKnDownloads
Published
2024-06-07
How to Cite
amelia, childina rifka, Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS BLENDER PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V. Jurnal Holistika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.1-10
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).