PENGGUNAAN WORDWALL UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik sangat dibutuhkan di era perkembangan pengetahuan dan teknologi saat ini. Peserta didik dapat dikatakankakan berpikir tingkat tinggi ketika mereka mampu menyelesaikan soal yang disajikan pendidik dan juga mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan proses berpikir secara kritis. Kemampuan berpikir tingkat tinggi terdiri dari indikator menganalisis, memancarkan dan mencipta. Upaya dalam meningkatkan kemampuan tersebut salah satunya melalui pengggunaan wordwall. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana penggunaan wordwall untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui wawancara dengan 6 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif diantaranya: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wordwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiyah yang terletak di kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman Yogyakarta. Implikasi penelitian ini terhadap lembaga pendidikan sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah agar ikut menggunakan wordwall untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
Kata Kunci: Wordwall, Kemampuan Berpikir Tingat Tinggi, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. N. G. W., & Dewi, K. S. (2022). The Effect of Wordwall Based Media on Students’ Procedure Text Achievement in Ninth Grade Students. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i1.45143
Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7440
Anggraeni, N. P. S. D., Bayu, G. W., & Sudatha, I. G. W. (2021). HOTS-based Instrument for Assessing Students Science Learning Outcomes in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 231. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35143
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Budiarti, B., Rizal, S. U., & Syabrina, M. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4. Borneo Journal of Primary Education, 3(1), 127–138.
Darmuki, A., & Alfin Hidayati, N. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3064
Gradini, E., Khairunnisak, C., & Noviani, J. (2022). Development of Higher-Order Thinking Skill (Hots) Test on Mathematics in Secondary School. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 319. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4649
Hamzah, H., Hamzah, M. I., & Zulkifli, H. (2023). Self-regulated Learning Theory in Metacognitive-Based Teaching and Learning of High-Order Thinking Skills (HOTS). TEM Journal, 12(4), 2530–2540. https://doi.org/10.18421/TEM124-65
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.
Hariyastuti, A., & Triana, V. (2024). Efektivitas Penggunaan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Sinonim dan Materi Antonim pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(2), 182–195.
Hasnah, Y., Ginting, P., & Hasibuan, S. H. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS bagi Guru SMP. CARADDE : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 134–143.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.
Hufiah, A., Afandi, & Wahyuni, E. S. (2021). Analisis Bibliometrik Domain Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pendidikan Abad 21 Menggunakan Vosviewer. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(1), 1. https://doi.org/10.24114/js.v6i1.29841
Jima’ain, M. T. A., Mohamed, A. M., Hehsan, A., Saidalvi, A., Nasi, B. M., Faisal, M. S., & Awae, F. (2024). Embedding higher order thinking skills in Islamic history (Sirah) education in Malaysia. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(2), 952–959. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.26431
Kasdina, A. R., Sundari, F. S., & Handayani, R. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Berbantuan Website Wordwall pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 88–100.
Kurniawan, E. S., Mundilarto, & Istiyono, E. (2024). Improving student higher order thinking skills using Synectic-HOTS-oriented learning model. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(2), 1132–1140. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i2.25002
Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.128
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.
Nur Aini, D. F., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.137
Nurhidayah, M., Listianingrum, F., & Sari, W. K. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Peserta Didik Menggunakan Modul Pembelajaran Fisika Yang Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 35–38. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.24
Oviliani, T. M., & Susanto, R. (2023). The effect of wordwall educational game-based learning media on interest in learning natural sciences. Education and Social Sciences Review, 4(1), 27–33.
Paksi, G. R., Sari, R. K., & Somawati. (2023). Teacher Perceptions on the Use of the Wordwall.Net Application as an English Vocabulary Learning Media. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 120–132. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.307
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(01), 67–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Pujiastuti, R., & Kulup, L. I. (2021). Penyusunan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS Melalui Problem Based Learning dan Peer Assessment. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 88. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i1.9058
Pujiatna, T., & Pristiwati, R. (2021). Pemanfaatan ISpring Suite Quizzes sebagai Pembuatan Soal Bahasa Indonesia Bermuatan HOTS. Jurnal Tuturan, 10(2), 113–120.
Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 667. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715
Rati, N. W., Arnyana, I. B. P., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2023). HOTS-Oriented e-Project-Based Learning: Improving 4C Skills and Science Learning Outcome of Elementary School Students. International Journal of Information and Education Technology, 13(6), 959–968. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.6.1892
Rianto, R., Atiq, A., & Haetami, M. (2020). Tingkat pembelajaran HOTS (higher order thinking skills) pada materi sepak bola dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7), 1–8.
Septiana, N. N., Zulfahmi, & Frasandy, R. N. (2023). Metode Speed Reading pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Journal Cerdas Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN IB Padang, 5(2), 188–202.
Sundari, S., Kahar, M. S., & Erwinda, E. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menggunakan Instrumen HOTS Berbasis Two Tier Diagnostic Test. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2726–2735.
Supena, I., Darmuki, A., & Haryadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(1), 1–21.
Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457
Tasrif. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29490
Ujang Suparman. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK. Pusaka Media.
Uswah, E. M., & Wardani, K. (2021). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Evaluasi Tematik Bermuatan Ips Siswa Kelas V Sdn Badran Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1119–1128. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9173
Utami, F., Pratama, A. Y., Sheftyawan, W. B., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 61. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.38890
Zahro, N. A. Q. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w A, 2(1), 2878–2886.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.71-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License