EKSPLORASI KESIAPAN DAN HAMBATAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI PLAOSAN 1
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.86-95Abstract
Kurikulum Merdeka telah menjadi titik fokus baru dalam sistem pendidikan Indonesia dan menimbulkan tantangan signifikan bagi para guru terkhusus di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapan dan hambatan yang dihadapi oleh guru di SD Negeri Plaosan 1 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengacu pada kriteria penilaian ideal. Sampel penelitian terdiri dari guru kelas, guru olahraga, dan guru agama yang berjumlah 10 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Hasil temuan menyatakan bahwa rata-rata dari kesiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah 81.41 (sangat baik) sedangkan rata-rata dari hambatan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka adalah 70.48 (baik). Dalam hal ini, guru sudah dikatakan siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka namun setiap guru mengalami hambatan yang berbeda-beda dalam praktiknya. Kurikulum Merdeka dapat dijadikan salah satu solusi terbaik dalam meningkatkan pendidikan dengan melibatkan kerjasama yang baik antara pemangku kebijakan, peningkatan keterampilan guru dalam merencanakan dan menyusun perangkat pembelajaran dan pelaksanaan asesmen, serta penyediaan fasilitas yang memadai.References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation Of Kurikulum Merdeka In Elementary. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.
Asrifan, A., Ibna Seraj, P. M., Sadapotto, A., Nurhumairah, & K. J. Vargheese. (2023). The Implementation of Kurikulum Merdeka as The Newest Curriculum Applied at Sekolah Penggerak in Indonesia. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 2(1), 62–74. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i1.130
Astuti, A. W., & Purnomo, H. (2023). Budaya Litersi Baca Dan Tulis Siswa Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), 101-112. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.101-112
Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. ResearchGate, July, 166–178.
Digna, D., & Widyasari, C. (2023). Teachers’ Perceptions of Differentiated Learning in Merdeka Curriculum in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(2), 255–262. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.54770
Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka.
Fransiska Faberta Kencana Sari, Sukarno, & Tri Murwaningsih. (2023). The New Paradigm of Merdeka Curriculum: Implementation of Pancasila Education Subject in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54092
Herlina, H., Wardany, O. F., Sani, Y., & Maharani, R. Z. (2023). Kendala Dan Kebutuhan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Lampung. Jurnal Basicedu, 7(5), 2928–2941. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6086
Inayati, U. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(Yogyakarta), 293–304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE%0AUmmi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Pembelajaran dan Asesmen.
Khoirurijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A.D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 4, Issue 1).
Lastriyani, I. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi (1) (Issue July).
Maulida, N., Auliya Vilda Ghasya, D., Pranata, R., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 06 (01), 6414–6420.
Nisa,S.K., Yoenanto, N.H., Nawangsari, N. A. . (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.
Nurani, D., Anggraini, L., Misyanto, Mulia, K. . (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 78. https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/
Purnomo, A. R., Yulianto, B., Mahdiannur, M. A., & Subekti, H. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Riana Bagaskorowati, Tresnani, Widiya Alita, Novi Nur Samiadi, & Novriko Burhan. (2023). Upper Class Elementary School Student Engagement in Math Subject Merdeka Curricula: Post Covid Study Case in Jakarta Province Indonesia. International Journal of Elementary Education, 7(1), 134–142. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.58471
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2801–2814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28-33. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Simon, E., Olak, P., & Malang, U. N. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.
Subhkan, E., & Wahyudin, D. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.
Suryati, L., Ambiyar, & Jalinus, N. (2023). Evaluation of the Implementation of the Independent Curriculum with a Technology-based Learning Model. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 438–447. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.66635
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development. Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wantiana, I. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal basicedu. 7(3), 1461–1465.
Wardani, H. K., Sujarwo, Rakhmawati, Y., & Cahyandaru, P. (2023). Eanalysis of the Impact of the Merdeka Curriculum Policy on Stakeholders At Primary School. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801
Wulan Dewi, L. M. A., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228
Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka.
Zuri Pamuji, & Kholid Mawardi. (2023). Islamic Religious Education Curriculum Development Based On Multiculturalism in Merdeka Curriculum At Elementary School. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(2), 286–298. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i2.125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).