HUBUNGAN PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR (POSTER) DENGAN CARA BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI BEKASI

Rima Rikmasari, Desi Mardiana Wati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Bekasi. Dibuktikan saat anak memecahkan masalah, dan saat mengungkapkan ide-ide baru yang ada dipikirannya. Pada penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Korelasi Regresi. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu pada setiap pembelajaran Bahasa Indonesia. Setiap pertemuan memiliki tiga tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sample jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, Angket untuk mengukur berpikir kreatif siswa, dan lembar observasi aktivitas guru untuk melihat proses pembelajaran penggunaan media visual gambar (poster), serta dokumentasi berupa foto dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk uji validitas dan reliabilitas angket mengenai media visual gambar dan berpikir kreatif  menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0 sedangkan untuk analisis hasil, observasi dan angket dihitung dengan menggunakan statistik sederhana berupa rumus menghitung nilai rata - rata dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan variabel media visual gambar poster terhadap variabel berpikir kreatif, yang diketahui dari besarnya nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,003 artinya bahwa sebesar 0,3% variabel Y (berpikir kreatif) bisa dijelaskan oleh variabel X (media visual gambar poster) sedangkan sisanya sebesar 99,7% bisa dijelaskan oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, C. 2011. Media pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muparok, A. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan Kemerdekaan RI Melalui Media Visual Pada Pembelajaran IPS. http://repositori.upi.edu/5920/Di unduh pada tanggal 5 Mei 2014 pukul 12.38.

Purwanto, M. N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, S. A. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanaky, A.H.. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inofatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Santosa, P. 2008. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Semiawan, R. C. 2013. Metaphorming. Jakarta: Indeks.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susetyo, B. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan Microsoft Excel. Bandung : Refika Aditama.

Taufiq, A. 2011. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.1.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ