HUBUNGAN PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL GAMBAR (POSTER) DENGAN CARA BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.1.1.%25pAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Bekasi. Dibuktikan saat anak memecahkan masalah, dan saat mengungkapkan ide-ide baru yang ada dipikirannya. Pada penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Korelasi Regresi. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu pada setiap pembelajaran Bahasa Indonesia. Setiap pertemuan memiliki tiga tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sample jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, Angket untuk mengukur berpikir kreatif siswa, dan lembar observasi aktivitas guru untuk melihat proses pembelajaran penggunaan media visual gambar (poster), serta dokumentasi berupa foto dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk uji validitas dan reliabilitas angket mengenai media visual gambar dan berpikir kreatif menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0 sedangkan untuk analisis hasil, observasi dan angket dihitung dengan menggunakan statistik sederhana berupa rumus menghitung nilai rata - rata dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan besarnya hubungan variabel media visual gambar poster terhadap variabel berpikir kreatif, yang diketahui dari besarnya nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,003 artinya bahwa sebesar 0,3% variabel Y (berpikir kreatif) bisa dijelaskan oleh variabel X (media visual gambar poster) sedangkan sisanya sebesar 99,7% bisa dijelaskan oleh variabel lain.References
Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kustandi, C. 2011. Media pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muparok, A. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mempertahankan Kemerdekaan RI Melalui Media Visual Pada Pembelajaran IPS. http://repositori.upi.edu/5920/Di unduh pada tanggal 5 Mei 2014 pukul 12.38.
Purwanto, M. N. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, S. A. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanaky, A.H.. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inofatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Santosa, P. 2008. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Semiawan, R. C. 2013. Metaphorming. Jakarta: Indeks.
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Susetyo, B. 2010. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan Microsoft Excel. Bandung : Refika Aditama.
Taufiq, A. 2011. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).