PENGARUH KOLABORASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SDN 1 KERTAYASA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.63-70Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni guna mengeksplorasi pengaruh dari penerapan kolaborasi media Powtoon dengan Fractional Operation Book terhadap pemahaman konsep matematis siswa dalam materi operasi hitung pecahan, khususnya pada aspek perkalian dan pembagian. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan design satu kelompok pretest-posttest. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas 5 SDN 1 Kertayasa. Tes Sederhana Berpasangan digunakan untuk menilai data dari dua tes satu dilakukan sebelum pengobatan dan yang lainnya setelah pengobatan untuk mengevaluasi hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media Powtoon dengan Fractional Opeartion Book terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dilandasi oleh analisis N-Gain yang mengindikasikan adanya peningkatan setelah perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan N-gain yang dilakukan peneliti, temuan dari penelitian ini yaitu terdapat dampak yang signifikan akibat penerapan kolaborasi media powtoon dengan fractional operation book terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas 5 SDN 1 Kertayasa.References
Diani, S. F.,dkk. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP setelah memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. 3(3). 362-373.
Fitriyani. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. 6(1), 104–114.
Hasan., dkk (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Lilawati, E., F., M. A. E., & Wafa, M. A. (2021). Strategi Pembelajaran Murder untuk Meningkatkan Pemahaman Materi PAI di SMK TI Bahrul Ulum Jombang. Dinamika : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(2), 69–82.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Majdid Rusmin A. Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Tunanetra di MTsLB/A Yaketunis Yogyakarta VIII, 305–314.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.
Oktavia, dkk. (2019).Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pretest Posttest. 596–601.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards Elections Health Supplements in Facing. 13, 65–71.
Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 1–7.
Setiyawan. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Prakarsa Pedajogja, 3(2).
Stiadi & Rifani. (2018). Aplikasi Komputer Statistik Dengan SPSS untuk Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Cetakan 1). Rajawali Printing.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).