PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISI ANDROID PADA PEMBELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.107-113Abstract
Pengembangan media pembelajaran yang efektif sangat penting dalam proses pendidikan, terutama untuk mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk kelas V sekolah dasar pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari ahli materi dan media, serta dari peserta didik. Skor rata-rata System Usability Scale (SUS) sebesar 71 mengindikasikan bahwa media ini berada pada kategori "BAIK" dan layak digunakan dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Android efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif,Android,Ilmu Pengetahuan Alam,SekolahDasar,PengembanganMedia,ADDIEModel,System Usability Scale (SUS)Downloads
Published
2024-08-03
How to Cite
windiari, wiwin. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISI ANDROID PADA PEMBELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 8(1), 107–113. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.107-113
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).