PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISI ANDROID PADA PEMBELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • wiwin windiari Universitas Muhammadiyah Kota Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.107-113

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang efektif sangat penting dalam proses pendidikan, terutama untuk mata pelajaran yang bersifat abstrak seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk kelas V sekolah dasar pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan respon positif dari ahli materi dan media, serta dari peserta didik. Skor rata-rata System Usability Scale (SUS) sebesar 71 mengindikasikan bahwa media ini berada pada kategori "BAIK" dan layak digunakan dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran interaktif berbasis Android efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah dasar.  Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif,Android,Ilmu Pengetahuan Alam,SekolahDasar,PengembanganMedia,ADDIEModel,System Usability Scale (SUS)

Author Biography

wiwin windiari, Universitas Muhammadiyah Kota Sukabumi

Mahasiswa

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

windiari, wiwin. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISI ANDROID PADA PEMBELAJAR IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 8(1), 107–113. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.107-113

Issue

Section

Articles