PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.32-40Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan, serta usaha guru dalam mengatasi hambatan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas 2 SDN 01 Mojogedang melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan gambar sebagai media yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari dokumen, narasumber, serta peristiwa dan tempat. Data yang diambil dari penelitian ini berupa informasi yang ada pada dokumen, hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara dari informan. Teknik validitas data berupa triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan menulis permulaan melalui model PBL dengan media gambar mampu menumbuhkan siswa lebih terstimulasi untuk mengeluarkan ide dan kreativitas dalam menulis kalimat sederhana dan kata. (2) Pelaksanaan pembelajaran siswa melalui model Problem Based Learning menggunakan media gambar dikatakan berhasil dengan bukti kemampuan menulis siswa meningkat. (3) Hambatan yang dihadapi: siswa kesulitan memilih kata yang sesuai dalam mendeskripsikan gambar dan juga siswa kesulitan menyusun kalimat yang terstruktur dengan SPOK. (4) Usaha guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu memberi soal pada siswa yang kurang fokus dan memotivasi, membantu siswa dalam mencari kata yang tepat ketika siswa mengalami kesulitan dan menentukan kata yang tepat dalam penulisannya.References
Ana, J., Abi, A. R., & Sihotang, M. Z. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 13(2), 153. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v13i2.46302
Anggraeny, N. A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Di MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber Wonosobo. Jurnal Holistika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.171-177
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Ekayanti, F., Nugrahani, F., & Suwarto. (2023). Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2895–2902. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10043/4092
Fatimah, S., Fuadiah, N. F., & Lubis, P. H. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Lunas (Ludo Natural Science) Pada Materi Hubungan Antar Mahluk Hidup Dalam Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 7(2), 194. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.194-203
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519
Jatiwuni, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan (Drill). Jurnal Basic Education, 8(21), 26–33. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15628
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Maryati, Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kasamsi dalam Pembelajaran Menulis Pantun di SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 8024–8032. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7978/6003
Mayrita, H. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Objek Langsung. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 23–32. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/192
Muhyidin, A. (2017). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.21009/bahtera.152.01
Nadya, N. L., & Kirana, H. (2020). Kontribusi Gangguan Berbahasa Fonem /R/ Dalam Pembelajaran Pemerolehan Bahasa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 70–81.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364
Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., Muhammadong, & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 222–235. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Holistika, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137
Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press, 1, 1–29.
Salsabila, A., Maharani, S. D., & Indralin, V. I. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Waktu Kelas III Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Holistika, 7(2), 186. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.186-193
Suweni, Dianasari, & Prabawati Nurhabibah. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Model Project Based Learnıng Berbasıs Lapbook Kelas III SDN 1 Semplo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1609–1618. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7127
Suyitno, S. D., Yahiji, K., & Damopolii, M. (2023). Implikasi Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Telaga. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 2(2), 1–11. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/view/1249
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS (Pertama). UTM PRESS.
Widayati, M., & Chotimah, K. (2019). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. JURNAL PENDIDIKAN, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487 265
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Wulandari, R. M., Zumrotun, E., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model PJBL berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 8(1), 45–53. https://doi.org/10.24853/holistika.8.1.45-53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).