PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN BERSUSUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN PONDOK CABE ILIR 01
Abstract
ABSTRACT
This research aims to determine that the use of layered addition boards can improve the learning outcomes in Mathematics for second-grade students on the topic of multi-digit addition involving tens and hundreds. The method used in this research is Classroom Action Research. (PTK). Using the Kemmis & McTaggart model, which consists of four stages: (1) Planning, where the action plan begins with the teaching materials, lesson plans that include teaching methods/techniques, as well as observation/evaluation techniques and instruments that are carefully prepared in the planning stage; (2) Action, which is the implementation of all the plans that have been made; (3) Observation, at this stage data about the implementation of the actions from the plans that have been made and their impact on the learning process and outcomes are collected using the developed observation instruments; (4) Reflection, at this stage, the data/input obtained during the observation will be processed. (observasi). With a research subject of 32 students. The instruments used include observation and a test on the ability to perform stacked addition calculations. The results of this study indicate the ability to perform sequential addition among the second-grade students of SDN Pondok Cabe Ilir 01 in Cycle I, with an average score of 61.25. Out of 32 students, only 10 students achieved mastery, resulting in a percentage of 31%. In Cycle II, there was an increase, with an average score of 84.64; out of 32 students, 27 students achieved mastery, leading to a percentage of 84%. It can be concluded that the use of sequential addition boards can enhance the understanding of the concept of sequential addition in tens and hundreds among the second-grade students of SDN Pondok Cabe Ilir 01..
Keywords: Learning Media, Addition Board
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan media papan penjumlahan bersusun dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas II dengan materi penjumlahan bersusun puluhan dan ratusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) Perancanaan (planning), rencana tindakan dimulai dari materi/bahan ajar, rencana pelajaran yang mencakup metode/Teknik mengajar, serta Teknik dan instrument observasi/evaluasi dipersiapkan dengan matang pada tahap perencanaan; (2) Tindakan (acting), merupakan implementasi (pelaksanaan) dari semua rencana yang telah dibuat; (3) Pengamatan (observing), pada tahap ini data-data tentang pelaksanaan Tindakan dari rencana yang sudah dibuat serta dampaknya terhadap proses dan hasil pembelajaran dikumpulkan dengan alat bantu instrument pengamatan yang telah dikembangkan; (4) Refleksi (reflecting), pada tahap ini akan memproses data/masukan yang diperoleh pada saat melakukan pengamatan (observasi). Dengan subyek penelitian sebanyak 32 peserta didik. instrument yang digunakan meliputi observasi dan soal tes kemampuan berhitung penjumlahan bersusun. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berhitung penjumlahan berususun peserta didik kelas II A SDN Pondok Cabe Ilir 01 pada siklus I dengan hasil rata-rata 61,25, dari 32 peserta didik hanya 10 peserta didik yang tuntas dengan persentase 31%. Pada siklus II mengalami kenaikan dengan rata-rata 84,64, dari 32 peserta didik terdapat 27 peserta didik yang tuntas dengan persentase 84%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media papan penjumlahan bersusun dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan berususn puluhan dan ratusan peserta didik Kelas II A SDN Pondok Cabe Ilir 01.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Papan Penjumlahan Bersusun
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Agus, I., & Lusyana, E. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (hal. 144). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=uc_oDwAAQBAJ
Hadun, F., Anwar, H., & Huljannah, M. (2023). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media pembelajaran papan jurang pada siswa kelas II sekolah dasar. Journal of Mathematics Education, 4(2), 170–181.
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Kemendikbud. (2014). Landasan Filosofis Pendidikan Nasional Pancasila. 1–8. https://www.kemdikbud.go.id/dokumen/pdf/renstra/Bab-I.pdf
Khairunisa Cahyati, I., Mariati, P., & Sukron Djazilan, M. (2023). Pengaruh Media Papan Napier Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iii Di Upt Sd Negeri 152 Gresik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 218–226.
Rinda, F. (2020). Pengantar Psikologi Perkembangan (D. E. Restiani (ed.); 1 ed., hal. 205). CV Jejak, anggota IKAPI.
Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.629
Suciati, I., Hajerina, Wahyuni, D. S., Mailili, W. H., & Sartika, N. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Teori dan Aplikasi pada Matematika Sekolah Dasar (A. Hapsan (ed.); 1 ed., hal. 142). CV. Ruang Tentor.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. In S. Wahyudi & S. Yuyut (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas (4 ed., hal. 1–316). Bayumedia Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/TApZEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas+susilo&pg=PR5&printsec=frontcover
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar NasionalPendidikan STKIP Kusuma Negara III, 2716–0157.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License