PERSEPSI MAHASISWA PGSD: PEMANFAATAN LMS, KEMANDIRIAN DAN EFEKTIVITAS BELAJAR SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan LMS, efektivitas belajar, dan kemandirian belajar dalam kaitannya dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Program Studi PGSD yang dipilih melalui teknik proposional dimana mahasiswa tersebut terdiri dari mahasiswa pada semester 3, 5, dan 7. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan disain deskriptif statistik. Data dihimpun menggunakan dokumentasi dan 3 buah angket berskala 5 yaitu angket tentang pemanfaatan LMS, efektivitas belajar dan kemandirian belajar. Data dianalisis secara kuantitatif lalu disajikan dalam hitungan sederhana dan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tertinggi pada semua variabel adalah pada pilihan ‘setuju’ dimana variabel pemanfaatan LMS memperoleh tanggapan setuju sebanyak 1013 (50%), efektivitas belajar memperoleh pilihan setuju sebanyak 1040 (52%), dan kemandirian belajar memperoleh tanggapan setuju sebanyak 991 (49%). Merujuk pada penelitian terdahulu, hasil temuan ini menyimpulkan bahwa mahasiswa sebagai responden memiliki persepsi positif terhadap ketiga variabel yang akan memeberi pengaruh yang positif pula pada prestasi belajar mereka.Kata kunci: aktivitas belajar, perangkat lunak pembelajaran, prestasi akademikReferences
Adawiyah, S.R., Syuhada, N., Nurjihadi, A. (2024). Analisis peluang dan tantangan implementasi Learning Management System (LMS). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1004 – 1014. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6268.
Afuw, M., Ruslan, Mappeasse, M.H. (2023). Pengaruh pemanfaatan Learning Management System Syam-Ok terhadap tingkat kepuasan dan prestasi belajar mahasiswa di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 2(1), 22 -30.
Al-Dhief, F.T., dkk. (2024). Review of learning management systems: History, types, advantages, and challenges. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 33(1), 350 – 360. doi: https://doi.org/10.11591/ijeecs.v33.i1.
Arafah, M. (2021). Kualitas performa sekolah berbasis Learning Management System (LMS). Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 2(1), 131-144.
Ayouni, S., et.al. (2021). Fuzzy vikor application for learning management systems evaluation in higher education. International Journal of Information, Communication, Technology Education, 17(2), 17-35. doi: https://doi.org/10.4018/IJICTE :2021040102.
Barek, P.A.L., dkk. (2023). Hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidkan Citra Bakti, 10(1), 106-118. doi: https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1578
Dulkaman, N.S., dan Ali, A.M. (2016). Factors influencing the success of leaerning management system (LMS) on students’ academic performance. IYSJL, 1(1), 36 – 49.
Khotimah, K. & Dassucik. (2019). Pengaruh efektivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Panji Situbondo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(2), 31-37.
Lewis, J.R. (1995). IBM computer usability satisfaction questionnaire: Psychometric evaluation and instructions for use. International Journal of Human-Computer Interaction, 7(1), 57-78.
Lien, C.T.X. (2023). Benefits and challenges of using LMS in blended learning: Views from EFL teachers and students at Vietnamese public university. International Journal of TESOL & Education, 3(3), 78-100. doi: https://doi.org/10.54855/ijte.23335.
Maksum, K. dan Lestari, I. (2020). Analisis profil kemandirian belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Parameter, 32(1), 75 – 86.
Makur, et.al., (2021). Kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan dan Matermatika, 10(1), 1-12.
Mamung, M.F. (2023). Efektivitas pembelajaran daring terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobuis Merauke. (Skripsi), Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobuis Merauke.
Matolić, T., et.al. (2023). Development and validation of the educational course assessment toolkit (EDUCATOOL) – a 12-item questionnaire for evaluation of training and learning programmes. Frontiers in Education, 8, 1-9. doi: https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1314584.
Meyer, B., et.al., (2008). Independent learning: Literature review. London, Department for Children, Schools and Families Research Report.
Muñoz, CGC. (2024). Descriptive vs inferential statistics: An overview, accessed from: https://s4be.cochrane.org.
Pinto-Liorente, A.M. (2020). ICT-based assessment, methods, and programs in tertiary education. Published in Chapter: A Digital Ecosystem for Teaching-Learning English in Higher Education: A Qualitative Case Study. doi: https://doi/org/10.4018/978-1-7998-3062-7.ch013.
Pratomo, I.W.P., & Wahanisa, R. (2022). Pemanfaatan teknologi Learning Managemetn System (LMS) di Unnes masa pandemic Covid-19. Seminar Nasional Hukum Universitas Semarang, 7(2), 547-560.
Ristatiwi, Y. (2017). Hubungan motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan kemandirian belajar. (Unpublished thesis), Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Septiyaningsih, S. (2017). Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(3), 267-275.
Swatevacharkul, R. & Boonma, N. (2021). Learner autonomy assessment of English language teaching students in an international program in Thailand. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(3), 749-759. doi: https://doi.org/10.17509/ijal.v10i3.31764.
Wiragunawan, I.G.N. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82-89.
Yendra, N., dan Junedi, B. (2023). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa terhadap mata kuliah teori bilangan. J-PiMat, 5(2), 1019-1029.
Zheng, Z. dan Mustappha, S.M. (2022). A literature review on the academic achievement of college students. Journal of Education and Social Sciences, 20(1), 11 – 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Holistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).