The Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Sdn 2 Tulakan

Authors

  • Alyn Rofiatul Himami Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Misbahul Munir Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%25p

Abstract

ABSTRAKMembaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan yang saat ini perlu dikuasai oleh setiap siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas IV di SDN 2 Tulakan Jepara adalah kurangnya kemampuan dalam pemahaman membaca, bukti nyata dari hal tersebut adalah mereka masih memiliki tingkat pemahaman bacaan yang rendah serta kesulitan dalam memahami dan menyerap informasi dan hal-hal tersebut perlu. Kesulitan dalam memahami bacaan juga tercermin dari kelemahan mereka dalam menguasai kecepatan membaca dan mengidentifikasi kata, sehingga kemampuan pemahaman membaca mereka kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Objek penelitian kali ini adalah siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 23. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t-hitung sebesar 18,851 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,048. Hal tersebut menunjukkan bahwa model CIRC memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca dan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara keefektifan model CIRC dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Tulakan Jepara, dan terbukti keefektifannya.Kata Kunci : Pemahaman Membaca, Model CIRC, Efektivitas Model CIRCABS TRAKMembaca pemahaman merupakan salah satu kecakapan yang perlu dikuasai setiap peserta didik sekarang. Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas IV di SDN 2 Tulakan Jepara adalah kurangnya kemampuan dalam membaca pemahaman, bukti nyata dari hal ini masih rendahnya mereka dalam memahami sebuah bacaan dan kesulitan dalam memahami serta menyerap sebuah informasi dan perlunya. Kesulitan dalam memahami bacaan juga tercermin dari lemahnya mereka dalam menguasai kecepatan membaca dan mengidentifikasi kata, sehingga kemampuan dalam membaca pemahamannya kurang baik. Penelitian ini bertujuan supaya dapat mengetahui adanya pengaruh efektivitas model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Objek dalam kali ini peserta didik kelas IV. Data yang dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 23. Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test, dengan nilai signifikansi 0,000 dan t-hitung 18,851 , yang lebih besar t-tabel 2,048. Menunjukkan model CIRC memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman membaca. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara efektivitas model CIRC dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tulakan Jepara, dan terbukti efektif .Kata kunci : Membaca Pemahaman, Model CIRC, Efektifitas Model CIRC

References

REFERENSI

Agustin, I., & Wardhono, A. (2024). Application Of Cooperative Learning Model Integrated Reading and Composition (CIRC) Assisted By Flashcardmediato Improve Reading Comprehension Ability Of Dyslexic Students In Elementary Schools Providing Inclusion Education. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 87–96.

Ainur, R., Fadhilaturrahmi, F., Pebriana, P. H., Kusuma, Y. Y., & Mufarizuddin, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 1.

Al Adawiyah, A. (2023). CIRC Learning Model For Reading Comprehension Of French Language. Journal Of Languages and Language Teaching, 11(1), 104.

Aljassmi, M. A., Warrington, K. L., Mcgowan, V. A., Xie, F., & Paterson, K. B. (2025). Parafoveal Preview Benefit Effects In Vertical Alphabetic Reading. Language, Cognition And Neuroscience, 1–10.

Anindita, D., Hawa, A. M., & Purwanti, K. Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Berbantuan Media Big Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sdn Plumutan. 09.

Arifin, A. Z., & Munir, M. M. (2024). The Influence Of Teacher’s Personality Competence On The Learning Interest Of Class Vi Students At Sd Negeri 3 Krasak Pecangaan Jepara. Pionir: Jurnal Pendidikan, 13(2), 135.

Biat, I. T., & Abdulah, M. M. (2024). Cooperative Integrated Readinga and Composition.

Budianti, Y., & Febriyantih, M. (2024). Model Cooperative Integratedreading and Composition (Circ) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 28–34.

Diana, R., Setiyawan, A., Bagas Purnama, B., Nanda Safitri, S., Ziad Al-Fain, M., Wazkia, H., & Riskiyah, R. (2025). Transformation Of The CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Model To Enhance Qira’ah. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(1), 187–205.

Falah, A. M., Sofiana, N., & Wiranti, D. A. (2024). Eksplorasi Model Problem-Based Learning: Efektivitas dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 94–101.

Fatmawati, S., Ulia, N., Fironika, R., & Briliyana, A. H. (2024). Kemampuan Kemandirian Siswa dalam Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn Kemijen 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar Tunas Nusantara, 6.

Fianto, Z. A., Krisgiyanti, N. A., Cahyani, B. S., Suci, S. N. S., Susanti, M. M. I., & Nainggolan, E. (2025). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar guna Mengaplikasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Holistika, 8(2), 110–116.

Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19.

Ilman Hanafi Destian, Dwiana Asih Wiranti, & Widiyono, A. (2022). Strategi Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 197–203.

Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., & Ihsani, B. Y. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. 3.

Julia, C., Saputra, E. R., & Wiranti, D. A. (2022). Penggunaan Media Berbasis Ict dengan Aplikasi Powtoon pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Tunas Nusantara, 4.

Jumadiyah, N., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika terhadap Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Batch 5 di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 12–22.

Latifa, H. L., & Haryadi, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran CIRC pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School (JOES), 5(2), 301–307.

Lestari, Z. W., & Syafryadin, S. (2022). The Effectiveness Of Jigsaw Method And CIRC Method On Enhancing Students’ High Order Thinking Skills With Different Self-Efficacy Levels Through Blended Learning. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(2), 185–199.

Maharani, I. A., & Liansari, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Media Buku Cerita Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5284–5290

Marfungah, A., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Circ dalam Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02).

Melati Putri, M. L., & Astuti, S. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 178–193.

Milasari, D., & Suminar, T. (2024). Keefektifan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode Circ dan Metode Sq3r Peserta Didik Kelas Iv. 8(1).

Musfiroh, A., & Nugraheni, A. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia Interaktif pada Siswa Kelas Vi Sd/Mi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Holistika, 5(1), 47.

Muzakki, M. A., Putri, A. R., & Azizi, M. N. A. (2024). Analisis Kebutuhan Penggunaan Popup Book Bilingual dalam Meningkatkan Literasi Sains dan Bahasa Inggris Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Tunas Nusantara, 6.

Nani, N., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 228–239.

Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. 5.

Polii, D. J., & Polii, M. (2022). Manajemen Pendidikan Agama Kristen Dalam Ketahanan Keluarga. EDULEAD: Journal Of Christian Education And Leadership, 3(1), 117–132.

Prasetia, A. (2024). Kajian Teori: Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Strategi Six Thinking Hats bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6.

Rizkia Nur Rahma, Hetilaniar, & Marleni. (2024). The Effect Of The Radec Model On Students’ Reading Comprehension. Esteem Journal Of English Education Study Programme, 8(1), 19–31.

Samsiyah, S., Hermansyah, H., & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas Kartu Kuartet terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv. Jurnal Holistika, 5(2), 119.

Saniyah, H., Mubarok, H., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Materi Ide Pokok Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Sukosono. 8(2).

Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 7(1).

Subekti, I., & Mendrofa, V. K. (T.T.). Pengaruh Metode SQ3R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(1).

Sukiastini, I. G. A. N. K., Sudiatmika, A. R., Suma, I. K., & Suardana, I. N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Pemahaman Membaca. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(4), 830.

Syahriah Madjid, S. L. Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) (Cetakan: 2023). Chakti Pustaka Indonesia.

Träff, U., Skagerlund, K., & Skagenholt, M. (2025). Development Of Early Acquired Arithmetic Skills and Development Of Reading Comprehension Facilitate The Development Of Later Developing Arithmetic Skills. Educational Psychology, 1–20.

Umami, S. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman di Kelas Iv Sekolah Dasar. 11.

Zaenuddin, N. H., Asriati, S., & Hafid, H. (2024). The Use Of Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Learning Model On The Students’ Reading Comprehension In Learning English. English Language Teaching Methodology, 4(1), 56–61.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Himami, A. R., Wiranti, D. A., & Munir, M. M. (2025). The Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Sdn 2 Tulakan. Jurnal Holistika, 9(1). https://doi.org/10.24853/holistika.9.1.%p

Issue

Section

Articles