Teori Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia
Kajian Pustaka Penerapan teori Humanistik dan pluralisme di Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bahwa Teori Humanistik dan Pluralisme sangat penting dalam dunia pendidikan di indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian library research(penelitian pustaka) di mana sumber utama informasi berasal dari buku, artikel ilmiah, dan jurnal yang berkaitan dengan Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia. Teori humanistik berfokus pada perbedaan individu pada kegiatan pembelajaran. Guru diposisikan sebagai fasilitator yang mendorong pertumbuhan pribadi, bukan sebagai otoritas yang mendikte isi pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran humanisme yaitu Quantum Learning. Sedangkan teori Pluralisme menekankan pentingnya keberagaman, kerja sama, dan pengakuan terhadap berbagai perspektif dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, sekolah menjadi wadah inklusif yang menghargai perbedaan latar belakang budaya, agama, sosial, dan cara berpikir. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan teori pluralism yaitu problem based learningPublished
2025-08-08
How to Cite
Sukaesih, E. (2025). Teori Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia: Kajian Pustaka Penerapan teori Humanistik dan pluralisme di Sekolah . Jurnal Holistika, 9(1). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/27351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Holistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).