Teori Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia

Kajian Pustaka Penerapan teori Humanistik dan pluralisme di Sekolah

Authors

  • Ecih Sukaesih UPI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bahwa Teori Humanistik dan Pluralisme sangat penting dalam dunia pendidikan di indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian library research(penelitian pustaka) di mana sumber utama informasi berasal dari buku, artikel ilmiah, dan jurnal yang berkaitan dengan Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia. Teori humanistik berfokus pada perbedaan individu pada kegiatan pembelajaran. Guru diposisikan sebagai fasilitator yang mendorong pertumbuhan pribadi, bukan sebagai otoritas yang mendikte isi pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran humanisme yaitu Quantum Learning. Sedangkan teori Pluralisme menekankan pentingnya keberagaman, kerja sama, dan pengakuan terhadap berbagai perspektif dalam proses pembelajaran. Dalam konteks ini, sekolah menjadi wadah inklusif yang menghargai perbedaan latar belakang budaya, agama, sosial, dan cara berpikir. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan teori pluralism yaitu problem based learning

Published

2025-08-08

How to Cite

Sukaesih, E. (2025). Teori Teori Humanism dan Pluralisme dalam Perspektif Dunia Pendidikan di Indonesia: Kajian Pustaka Penerapan teori Humanistik dan pluralisme di Sekolah . Jurnal Holistika, 9(1). Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/27351

Issue

Section

Articles