PEMBELAJARAN LUAS BIDANG DATAR BERBASIS KONTEKS ANYAMAN TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25pAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan penalaran siswa dari konsep pengukuran luas dasar. Pada awalnya, konsep dadar penhgukuran diajarkan di sekolah dasar. Penelkitian ini didesain menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia (PMRI) yang digunakan adalah kerajinan tradisional Indonesia yaitu anyaman. Konteks ini menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran untuk mendukung prose pembelajaran pengukura. Desain metodologi penelitian menggunakan design research yang terdiri siklus harian desain, percobaan mengajar, dan analisis retrospektif terapan. Penelitian ini akan menjelaskan konteks sebagai awal mengajar dan belajar tentang pengukuran luas bidang datar yang akan diadakan di SDN 20 Kurao Kota Padang. Hasil percobaan mengajar akan disarankan sebagai pertimbangan penting dalam mengeksplorasi konteks sebagai awal pembelajaran pengukuran luas bidang datar.References
Awaludin, Asep. Pengembangan LKK dengan
Pendekatan PMRI pada Materi Limas
dan Prisma Tegak. Jurnal Pendidikan
Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.
Vol.2, No.1, Maret 2014, pp. 1-15.
Bakker, A. 2006. Design Research in Statistics
Education : On Symboling and Computer
tools. Utrecht: Freudenthal Institute.
Berg, Bruce L.; & Howard Lune. 2009.
Qualitative Research Methods for the
Social Sciences. Boston: Pearson.
Chairunisah. 2015. Pemanfaatan Budaya
Tradisional Untuk Membantu Kegiatan
Investigasi Pada Pembelajaran
Matematika Dengan Pendekatan
Matematika Realistik. Paradikma Jurnal
Pendidikan Matematika. Vol 8, No 1
(2015), pp: 1-12
Ginsburg, H.P., & Stephan , M. 2001. What is
Developmentally Appropiarte in Early
Chilhood Mathematics Education ?
Engaging Young Children in
mathematics. Vol 2 (1) pp: 15-20.
Gravemeijer, K. 2004. Local Instruction
Theoris as Means of Support for Teacher
in Reform Mathematics Education.
Mathematical thingking Learning. Vol 6
(2), 105-128.
Gravemeijer, K., & Van Eerde, D. 2009. Design
Research as a Means for Building a
Knowladge Base for Teaching in
Mathematics Education. The Elementary
School Jurnal. Volume 109 Number 5,
Hariyati, dkk. 2008. Pengembangan Materi
Luas Permukaan Dan Volum Limas
Yang Sesuai Dengan Karakteristik PMRI
DI Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang.
Jurnal Pendidikan Matematika. Volume
No.1, Januari 2008, pp:1-12.
Jarmita, Nida dan Hazami. 2013. Ketuntasan
Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan
Realistic Mathematics Education (RME)
Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah
DIDAKTIKA. Februari 2013 VOL. XIII,
NO. 2, 212-222.
Marzali, Amri. 2016. Menulis Kajian Literatur.
Jurnal Etnosia. Vol. 01. No. 02.
Desember 2016
Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh
Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap
Perkembangan Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10
Padang. Jurnal Exacta. Vol. X. No. 2
Desember 2012, pp: 136-139.
Muhtadi, dedi dan Sukirwan. 2017.
Implementasi Pendidikan Matematika
Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik
Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.
Jurnal Mosharafa. Volume 6, Nomor 1
Januari 2017, pp: 1-12.
Razak, Firdha. 2017. Hubungan Kemampuan
Awal Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Matematika Pada Siswa Kelas VII
SMP Pesantren Immim Putri Minasatene.
Jurnal “Mosharafa”. Volume 6, Nomor
, Januari 2017, pp:1-12.
Risnanosanti. 2012. Hypothetical Learning
Trajectory Untuk
Menumbuhkembangkan Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma
Di Kota Bengkulu. Makalah
dipresentasikan dalam Seminar Nasional
Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan
Matematika dan Matematika dalam
Membangun Karakter Guru dan Siswa"
pada tanggal 10 November 2012 di
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA
UNY
Romadhon, Zaenal. 2017. Penguasaan
Pengukuran Volume Melalui
Pendampingan Praktikum Bermedia
Beaker Glass Braille Bagi Anak
Tunanetra. Jurnal pendidikan khusus.
Volume 1, nomor 1, , pp: 1-12.
Sadono. 2012. Diagnostic Test To Remedial
Program On Mathematic Learning.
Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol. 3, No.
, Maret 2012, pp: 95-106.
Seriningsih. 2014. Realistic Mathematics
Education: Model Alternatif
Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM
IAIN Antasari. Vol. 01 No. 2 Januari –
Juni 2014, pp: 73-94.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas
Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Toyip. 2013. Penerapan Media Kertas Berpetak
Dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar
Sederhana Pada Siswa Kelas V Sekolah
Dasar Negeri 17 Sukaharja. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2, No
(2013),pp:1-15.
Wijaya, A. 2008. Design Research in
Mathematic Education: Indonesia
Tarditional Games as Means to Support
Second Graders Learning of Linear
measurement. Master Thesis. Utrecht
University.
Yasnidawati. 2011. Seni Sulam Minangkabau
Dan Inovasinya Untuk Mendukung
Pengembangan Industri Kerajinan
Rumah Tangga. Jurnal Teknologi Dan
Kejuruan. Vol. 34, NO. 2, September
pp: 191-202.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning
Enviroment on Realisticc Mathematic
Education for Indonesia Student
Teachers. Doctoral Disertation.
Enschede: University of Twente.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).