PEMBELAJARAN LUAS BIDANG DATAR BERBASIS KONTEKS ANYAMAN TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN PMRI DI SEKOLAH DASAR

Yetti Ariani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan penalaran siswa dari konsep pengukuran luas dasar. Pada awalnya, konsep dadar penhgukuran diajarkan di sekolah dasar. Penelkitian ini didesain menggunakan pendekatan matematika realistik Indonesia (PMRI) yang digunakan adalah kerajinan tradisional Indonesia yaitu anyaman. Konteks ini menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran untuk mendukung prose pembelajaran pengukura. Desain metodologi penelitian menggunakan design research yang terdiri siklus harian desain, percobaan mengajar, dan analisis retrospektif terapan. Penelitian ini akan menjelaskan konteks sebagai awal mengajar dan belajar tentang pengukuran luas bidang datar yang akan diadakan di SDN 20 Kurao Kota Padang. Hasil percobaan mengajar akan disarankan sebagai pertimbangan penting dalam mengeksplorasi konteks sebagai awal pembelajaran pengukuran luas bidang datar.

Full Text:

PDF

References


Awaludin, Asep. Pengembangan LKK dengan

Pendekatan PMRI pada Materi Limas

dan Prisma Tegak. Jurnal Pendidikan

Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.

Vol.2, No.1, Maret 2014, pp. 1-15.

Bakker, A. 2006. Design Research in Statistics

Education : On Symboling and Computer

tools. Utrecht: Freudenthal Institute.

Berg, Bruce L.; & Howard Lune. 2009.

Qualitative Research Methods for the

Social Sciences. Boston: Pearson.

Chairunisah. 2015. Pemanfaatan Budaya

Tradisional Untuk Membantu Kegiatan

Investigasi Pada Pembelajaran

Matematika Dengan Pendekatan

Matematika Realistik. Paradikma Jurnal

Pendidikan Matematika. Vol 8, No 1

(2015), pp: 1-12

Ginsburg, H.P., & Stephan , M. 2001. What is

Developmentally Appropiarte in Early

Chilhood Mathematics Education ?

Engaging Young Children in

mathematics. Vol 2 (1) pp: 15-20.

Gravemeijer, K. 2004. Local Instruction

Theoris as Means of Support for Teacher

in Reform Mathematics Education.

Mathematical thingking Learning. Vol 6

(2), 105-128.

Gravemeijer, K., & Van Eerde, D. 2009. Design

Research as a Means for Building a

Knowladge Base for Teaching in

Mathematics Education. The Elementary

School Jurnal. Volume 109 Number 5,

Hariyati, dkk. 2008. Pengembangan Materi

Luas Permukaan Dan Volum Limas

Yang Sesuai Dengan Karakteristik PMRI

DI Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang.

Jurnal Pendidikan Matematika. Volume

No.1, Januari 2008, pp:1-12.

Jarmita, Nida dan Hazami. 2013. Ketuntasan

Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan

Realistic Mathematics Education (RME)

Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah

DIDAKTIKA. Februari 2013 VOL. XIII,

NO. 2, 212-222.

Marzali, Amri. 2016. Menulis Kajian Literatur.

Jurnal Etnosia. Vol. 01. No. 02.

Desember 2016

Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh

Pendekatan Pendidikan Matematika

Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap

Perkembangan Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10

Padang. Jurnal Exacta. Vol. X. No. 2

Desember 2012, pp: 136-139.

Muhtadi, dedi dan Sukirwan. 2017.

Implementasi Pendidikan Matematika

Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik

Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.

Jurnal Mosharafa. Volume 6, Nomor 1

Januari 2017, pp: 1-12.

Razak, Firdha. 2017. Hubungan Kemampuan

Awal Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Matematika Pada Siswa Kelas VII

SMP Pesantren Immim Putri Minasatene.

Jurnal “Mosharafa”. Volume 6, Nomor

, Januari 2017, pp:1-12.

Risnanosanti. 2012. Hypothetical Learning

Trajectory Untuk

Menumbuhkembangkan Kemampuan

Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma

Di Kota Bengkulu. Makalah

dipresentasikan dalam Seminar Nasional

Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Kontribusi Pendidikan

Matematika dan Matematika dalam

Membangun Karakter Guru dan Siswa"

pada tanggal 10 November 2012 di

Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA

UNY

Romadhon, Zaenal. 2017. Penguasaan

Pengukuran Volume Melalui

Pendampingan Praktikum Bermedia

Beaker Glass Braille Bagi Anak

Tunanetra. Jurnal pendidikan khusus.

Volume 1, nomor 1, , pp: 1-12.

Sadono. 2012. Diagnostic Test To Remedial

Program On Mathematic Learning.

Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol. 3, No.

, Maret 2012, pp: 95-106.

Seriningsih. 2014. Realistic Mathematics

Education: Model Alternatif

Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM

IAIN Antasari. Vol. 01 No. 2 Januari –

Juni 2014, pp: 73-94.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas

Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Toyip. 2013. Penerapan Media Kertas Berpetak

Dalam Pembelajaran Luas Bangun Datar

Sederhana Pada Siswa Kelas V Sekolah

Dasar Negeri 17 Sukaharja. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2, No

(2013),pp:1-15.

Wijaya, A. 2008. Design Research in

Mathematic Education: Indonesia

Tarditional Games as Means to Support

Second Graders Learning of Linear

measurement. Master Thesis. Utrecht

University.

Yasnidawati. 2011. Seni Sulam Minangkabau

Dan Inovasinya Untuk Mendukung

Pengembangan Industri Kerajinan

Rumah Tangga. Jurnal Teknologi Dan

Kejuruan. Vol. 34, NO. 2, September

pp: 191-202.

Zulkardi. 2002. Developing a Learning

Enviroment on Realisticc Mathematic

Education for Indonesia Student

Teachers. Doctoral Disertation.

Enschede: University of Twente.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ