PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.29-36Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Talking Stick berbasis Scientific pada siswa kelas 1B di SD Kristen 03 Eben Haezer tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, dan 3) refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus sebanyak dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1B yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan instrumen menggunakan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I, diperoleh rata-rata hasil belajar matematika sebesar 78. Selanjutnya, pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar matematika sebesar 80. Pada ketuntasan belajar siswa secara klasikal pun mengalami peningkatan. Hasil perhitungan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 91,6%. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu mencapai KKM 73 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada muatan matematika dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Talking Stick berbasis Scientific mengalami peningkatanReferences
Aningrum, A. A dan Suratman, Bambang. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Komunikasi Kelas X APK1 di SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Doh, J. J. M. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Stad dan Pendekatan Scientific Siswa Kelas 5 SDN Blotongan 01 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. PTK PGSD UKSW. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Samiasih, N. P. A. dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 3 (1)
Slavin, E Robert. (2010). Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Subendri, A. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Scientific Siswa Kelas V SD Negeri Karangduren 03 Kabupaten Semarang Semester II Tahun 2013/2014. PTK PGSD UKSW. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Volindri, Citra Wahyu. (2014). Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD Negeri Kaliwungu 03. PTK PGSD UKSW. Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).