PENERAPAN MODEL VAK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.37-44Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Salatiga 05 melalui model VAK visual, auditory, kinesthetic berbasis HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus, pada setiap siklusnya memiliki prosedur yaitu look, think, act. Teknik analisis data kualitatif berupa analisis data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa analisis data hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model model VAK visual, auditory, kinesthetic berbasis HOTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku dengan muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan matematika. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I sebesar 78,57 % , dan siklus II sebesar 86,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitan ini dinyatakan berhasil.References
Anitah, S. (2008). Media pembelajaran.
Arifin, Z. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: lentera cendekia.
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Dimyati, D. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.
Gilakjani, A. P., & Ahmadi, S. M. (2011). Multimedia and its Effect on the quality of English Language Teaching. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 11(1), 14-35.
Huda, M., & Eng, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.
Kemendikbud. 2016. Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, M., & Khaerunnisa, K. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Melalui Alat Peraga Maket Gerhana Dan Video Pembelajaran. Jurnal Holistika, 2(1).
Shoimin, A. (68). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).