PENERAPAN MODEL VAK BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD

Rochis Afiat Eka Sakti, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Salatiga 05 melalui model VAK visual, auditory, kinesthetic berbasis HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus, pada setiap  siklusnya memiliki prosedur yaitu look, think, act. Teknik analisis data kualitatif berupa analisis data aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa analisis data hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model model VAK visual, auditory, kinesthetic berbasis HOTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku dengan muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan matematika. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada ranah kognitif siklus I sebesar 78,57 % , dan siklus II sebesar 86,90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitan ini dinyatakan berhasil.


Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2008). Media pembelajaran.

Arifin, Z. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: lentera cendekia.

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Dimyati, D. Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.

Gilakjani, A. P., & Ahmadi, S. M. (2011). Multimedia and its Effect on the quality of English Language Teaching. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 11(1), 14-35.

Huda, M., & Eng, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.

Kemendikbud. 2016. Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmawati, M., & Khaerunnisa, K. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Melalui Alat Peraga Maket Gerhana Dan Video Pembelajaran. Jurnal Holistika, 2(1).

Shoimin, A. (68). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.37-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ