KETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan menetapkan srategi pembelajaran dalam menuntaskan hasil belajar tema Peduli Terhadap Mahluk Hidup muatan IPA, dengan menganalisis hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tipe NHT. Pembelajaran yang diterapkan menggunakan kurikulum 2013,melalui pendekatan tematik yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajari. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Lab School FIP UMJ dengan dua siklus. Hasil
penelitian menunjukkan adanya ketuntasan belajar siswa melalui Number Head Together (NHT) dengan hasil bahwa Pada siklus I dengan jumlah siswa 17, siswa yang tuntas adalah 10 orang, dan 7 siswa tidak tuntas. Pada siklus satu indikator keberhasilan siswa belum tercapai. Sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus ini presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 76,5%, dengan siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa. yaitu hasil belajar siswa pada siklus satu sampai siklus dua terjadi peningkatan dan memenuhi kriteria indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 75% dan berdasarkan KKM yang telah ditetapkan sekolah, yaitu ≥75. Dengan demikian hasil belajar siswa dalam muatan IPA siswa kelas IV SD Lab school FIP UMJ sudah tercapaiFull Text:
PDFReferences
Anni, Tri Catharina. (2010). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press
Aqib, Zainal. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bahar, Herwina. (2016). Etika & Profesi Kependidikan, Ciputat: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104
Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Depdikbud
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyash. Jakarta: Depdikbud
Komalasari, Kokom, M.Pd. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama
Permendiknas Nomor 57. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyash. Jakarta: Debdiknas
Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono, Hariyanto, 2008. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2011). Model –model pembelajaran Inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.1-12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License