ANALISIS RESPON MAHASISWA DALAM PENERAPAN GROUP WORK RULES PADA METODE PRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arsyi Rizqia Amalia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jl. R. Syamsudin SH. No. 50 Kota Sukabumi, 43113
  • Din Azwar Uswatun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Jl. R. Syamsudin SH. No. 50 Kota Sukabumi, 43113

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.81-88

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam penerapan Aturan Kerja Kelompok dalam metode presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 49 siswa dari Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester 2 Tahun Akademik 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juni 2019 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner untuk respons siswa dalam menerapkan Aturan Kerja Kelompok tentang metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator yang meliputi: 1) kemampuan untuk bekerja sama dalam suatu kelompok, 2) keaktifan, 3) kontribusi ide / pemikiran, 4) tanggapan terhadap teman-teman kelompok, dan 5) kemampuan untuk bertanya / menjawab. Hasil penelitian ini bahwa penerapan Aturan Kerja Kelompok pada metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki dampak positif pada respon siswa. Berdasarkan penilaian dosen, rata-rata klasik diperoleh, yaitu kemampuan untuk mengekspos materi adalah 78,32; kemampuan mengajukan pertanyaan adalah 76,43; dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan adalah 80,08. Sedangkan penilaian siswa memperoleh hasil yang baik pada kemampuan untuk bekerja sama, keaktifan, kontribusi ide / pemikiran, tanggapan terhadap teman kelompok, dan kemampuan untuk bertanya / menjawab.

References

Bandura, A. (1986). Social Fondations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Engglewood Cliffs.

Brown, K. M. (1999). Social Cognitive Theory, [Online], (http://www.med.usf.edu/_Cognitive_ Theory_Overview.html).

Chambers, P. (2008). Teaching Mathematics Developing as a Reflective Secondary Teacher. London, UK: SAGE.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2009). Theories of Learning. Jakarta: Fajat Interpratama Offset

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi (dilengkapi dengan Metode R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Muslih, M. (2011). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Westwood, P.S. (2009). What Teachers Need to Know About Teaching Methods. Camberwell, Victoria: ACER.

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2019). ANALISIS RESPON MAHASISWA DALAM PENERAPAN GROUP WORK RULES PADA METODE PRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika, 3(2), 81–88. https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.81-88

Issue

Section

Articles