ANALISIS RESPON MAHASISWA DALAM PENERAPAN GROUP WORK RULES PADA METODE PRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.81-88Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam penerapan Aturan Kerja Kelompok dalam metode presentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 49 siswa dari Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester 2 Tahun Akademik 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juni 2019 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner untuk respons siswa dalam menerapkan Aturan Kerja Kelompok tentang metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Instrumen ini disusun berdasarkan indikator yang meliputi: 1) kemampuan untuk bekerja sama dalam suatu kelompok, 2) keaktifan, 3) kontribusi ide / pemikiran, 4) tanggapan terhadap teman-teman kelompok, dan 5) kemampuan untuk bertanya / menjawab. Hasil penelitian ini bahwa penerapan Aturan Kerja Kelompok pada metode presentasi di Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki dampak positif pada respon siswa. Berdasarkan penilaian dosen, rata-rata klasik diperoleh, yaitu kemampuan untuk mengekspos materi adalah 78,32; kemampuan mengajukan pertanyaan adalah 76,43; dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan adalah 80,08. Sedangkan penilaian siswa memperoleh hasil yang baik pada kemampuan untuk bekerja sama, keaktifan, kontribusi ide / pemikiran, tanggapan terhadap teman kelompok, dan kemampuan untuk bertanya / menjawab.References
Bandura, A. (1986). Social Fondations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Engglewood Cliffs.
Brown, K. M. (1999). Social Cognitive Theory, [Online], (http://www.med.usf.edu/_Cognitive_ Theory_Overview.html).
Chambers, P. (2008). Teaching Mathematics Developing as a Reflective Secondary Teacher. London, UK: SAGE.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2009). Theories of Learning. Jakarta: Fajat Interpratama Offset
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi (dilengkapi dengan Metode R&D). Bandung : CV. Alfabeta.
Muslih, M. (2011). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Westwood, P.S. (2009). What Teachers Need to Know About Teaching Methods. Camberwell, Victoria: ACER.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).