PENGEMBANGAN BUKU ENTERDAL (ENSIKLOPEDIA TEMATIK SUMBER DAYA ALAM) TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dodik Ari Wibowo, Endang Poerwanti, Kuncahyono Kuncahyono

Abstract


Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (Mulyatiningsih, 2014:200-201). Hasil dari penelitian pengembangan buku enterdal (ensiklopedia tematik sumber daya alam) berdasarkan penilaian persentase hasil validasi tahap satu dan dua pada penelitian ini yaitu 66,25% menjadi 82,5% ahli media dan sumber belajar, 90% menjadi 92,85% oleh ahli materi, dan 90,66% menjadi 96% oleh ahli pembelajaran. Selanjutnya pada hasil uji coba produk untuk mengetahui respon siswa memperoleh persentase 88,94%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku enterdal (ensiklopedia tematik sumber daya alam) yang dikembangkan dengan model ADDIE memiliki kevalidan yang sangat baik dan menarik, sehingga layak digunakan sebagai seumber belajar pelengkap bagi siswa kelas IV.


Full Text:

PDF

References


Anori, S., & Putra, A. Asrizal. 2013. Pengaruh penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Jurnal Pillar Of Physics Education, 8(1), 104-111.

Adhayul Faridah, L. I. S. T. I. A. (2014). Pengembangan Ensiklopedia dan LKS Invertebrata Laut untuk Pembelajaran Biologi. BioEdu, 3(3).

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan.

Haryono, A. D. (2015). Metode Praktis Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media dan Pustaka Inspiratif.

Majid, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran MengembangkanStandar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, F. P. (2018). Pengembangan Media Komik Bergambar Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Sumberbendo 3 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Plkikatif. Jogjakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori dan Plikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Group.

Pratiwi, R. D. (2014). Pengembangan Ensiklopedia Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Irsyadut Tholibin Tugu Tulungagung. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.89-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ