PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD DHARMA KARYA

Mas Roro Diah Wahyu Lestari, Tiyas Dwi Septianingrum

Abstract


 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat indonesia dan program gerakan literasi sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengasah kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, analisis, kreatif dan inovatif melalui berbagai aktivitas antara lain: membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Penelitian dilakukan di SD Dharma Karya karena SD Dharma Karya adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan program gerakan literasi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah agar peneliti mengetahui dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang program gerakan literasi sekolah serta agar peneliti dapat meneliti lebih dalam mengenai program gerakan literasi sekolah di SD Dharma Karya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan 7 narasumber yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Miles dan Huberman yang terdiri dari : data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (Penarikan kesimpulan/Verifikasi) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa program gerakan literasi di SD Dharma Karya berjalan secara efektif. Didukung oleh sarana dan prasarana di SD Dharma Karya yang sangat memadai serta pihak sekolah yang memiliki peran penuh dalam mendukung program gerakan literasi sekolah terlaksana.


Full Text:

PDF

References


Pribady, Inggy. (2017). Membaca untuk Dunia. Surabaya: CV Pustaka Media Guru.

Triatma, Ilham. (2016). Minat Baca Pada Ssiswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegen 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan. 5(6), 166-178.

Wandasari, Yulisa. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentukan Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 1(1), 325-342.

Wulandari, Ranti. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 3(6), 319-329.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.131-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ