PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KECERDASAN BERBAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI

Fina Fitriyah

Abstract


Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa Indonesia dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasa telah dilaksanakan pada SDN
Semper Timur 03 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa Indonesia dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasa
terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi

Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.1999

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta. 2006

Aktivitas Instruksional Direktorat Jendral.2001

Azwar, S. Tes Prestasi: Fungsi dan

pengembangan Pengukuran prestasi

Belajar. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Bloom, Benjamin S., Thomas J. Hasting &

Goerge F. Madaus. Evaluation to

Improve Learning. New York: McGraw

Hill Book Company.1981

Depdiknas. Undang-Undang Republik

Indonesia nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional

Jakarta. Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Pendidikan. 2003

Depdiknas. Penilaian Tingkat Kelas.

Pedoman bagi Guru SD, SMP, SMA

dan SMK. Jakarta: Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Pendidikan. 2003

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Koyan I Wayan, Asesmen Dalam Pendidikan.

Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Bandung; CV

ALFABETA.2009.

Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa. 2008.

e-Journal Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha Program Studi

Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.1-4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ