PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KECERDASAN BERBAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.1-4Abstract
Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa Indonesia denganmenggunakan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasa telah dilaksanakan pada SDNSemper Timur 03 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa Indonesia denganmenggunakan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran inkuiri dan kecerdasan berbahasaterbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf deskripsi bahasa IndonesiaReferences
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta.1999
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta. 2006
Aktivitas Instruksional Direktorat Jendral.2001
Azwar, S. Tes Prestasi: Fungsi dan
pengembangan Pengukuran prestasi
Belajar. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Bloom, Benjamin S., Thomas J. Hasting &
Goerge F. Madaus. Evaluation to
Improve Learning. New York: McGraw
Hill Book Company.1981
Depdiknas. Undang-Undang Republik
Indonesia nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
Jakarta. Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Pendidikan. 2003
Depdiknas. Penilaian Tingkat Kelas.
Pedoman bagi Guru SD, SMP, SMA
dan SMK. Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Pendidikan. 2003
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara. 2003.
Koyan I Wayan, Asesmen Dalam Pendidikan.
Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D). Bandung; CV
ALFABETA.2009.
Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa. 2008.
e-Journal Program Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha Program Studi
Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).