PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI DISCOVERY LEARNING

Authors

  • Maryati Maryati
  • Pasnieni Belandina Sunloy

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8

Abstract

Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia denganmenggunakan model pembelajaran discovery learning telah dilaksanakan pada siswa kelas V ( lima )SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasibahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran discovery learningterbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia

References

Depdiknas. Assessment Alternatif SMA.

Jakarta: Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Kependidikan. 2004

Depdiknas. Permen RI No. 19 Tahun

Tentang Standar Nasional

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: BNSP, Dikdasmen. 2005.

Depdiknas. Assessment Pembelajaran SD.

Jakarta: Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Kependidikan. 2008

Hamalik, Oemar. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Masalah Kimia. Journal. Chemistry in

Education. 2 (1) : 50 – 54. 2012

Nelson, G. “Description and

Prescription”- Concise

Encyclopedia of Philosophy of

Language and Linguistics. London.

University College London, UK.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Bandung; CV

ALFABETA.2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya. 2006.

Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa. 2008

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Maryati, M., & Sunloy, P. B. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI DISCOVERY LEARNING. Jurnal Holistika, 4(1), 5–8. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8

Issue

Section

Articles