PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8Abstract
Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia denganmenggunakan model pembelajaran discovery learning telah dilaksanakan pada siswa kelas V ( lima )SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasibahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran discovery learningterbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa IndonesiaReferences
Depdiknas. Assessment Alternatif SMA.
Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Kependidikan. 2004
Depdiknas. Permen RI No. 19 Tahun
Tentang Standar Nasional
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Jakarta: BNSP, Dikdasmen. 2005.
Depdiknas. Assessment Pembelajaran SD.
Jakarta: Depdiknas, Dirjen
Dikdasmen, Direktorat Tenaga
Kependidikan. 2008
Hamalik, Oemar. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Masalah Kimia. Journal. Chemistry in
Education. 2 (1) : 50 – 54. 2012
Nelson, G. “Description and
Prescription”- Concise
Encyclopedia of Philosophy of
Language and Linguistics. London.
University College London, UK.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D). Bandung; CV
ALFABETA.2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya. 2006.
Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa. 2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).