PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI DISCOVERY LEARNING

Maryati Maryati, Pasnieni Belandina Sunloy

Abstract


Peningkatan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia dengan
menggunakan model pembelajaran discovery learning telah dilaksanakan pada siswa kelas V ( lima )
SDN Palmeriam 02 Petang Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 40 orang siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi
bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penerapan model pembelajaran discovery learning
terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan paragraf narasi bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. Assessment Alternatif SMA.

Jakarta: Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Kependidikan. 2004

Depdiknas. Permen RI No. 19 Tahun

Tentang Standar Nasional

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: BNSP, Dikdasmen. 2005.

Depdiknas. Assessment Pembelajaran SD.

Jakarta: Depdiknas, Dirjen

Dikdasmen, Direktorat Tenaga

Kependidikan. 2008

Hamalik, Oemar. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Masalah Kimia. Journal. Chemistry in

Education. 2 (1) : 50 – 54. 2012

Nelson, G. “Description and

Prescription”- Concise

Encyclopedia of Philosophy of

Language and Linguistics. London.

University College London, UK.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Bandung; CV

ALFABETA.2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya. 2006.

Tarigan, H.G. Menulis sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa. 2008




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.5-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ