PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secarasistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yangberhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan.Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter prespektif Al-Quran dan Hadits. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahanyang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkandari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang adadianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasilpenelitian menunjukkan Hadishadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakteratau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya.Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari Al-Quran dan Hadits tersebutadalah Pertama, landasan pendidikan karakter, Kedua. Konsep pendidikan karakter dalamislam. Ketiga, Tahap-tahap pembentukan pendidikan karakter. Keempat, Metode Iinternalisasipendidikan karakter. Kelima, Peran Guru dan orang tua dalam pendidikan karakterReferences
Sa’dun Akbar, (2010), Model Pembelajaran
Nilai dan Karakter Berbasis nilai-nilai
kehidupan di sekolah dasar. Jurnal Ilmu
Pendidikan. Volume 17 Nomor 1 tahun
Malang.
Ulil Amri Syafri, (2014) Metodologi
Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-
Qur‟an (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Al-
Qur‟an Ber-lafadz “Yâ Âyyuhâ al-Ladzîna
Âmanû”),Uin Syarif Hadayatullah Jakarta.
Sudarsono, (2008) Pendidikan kemanusiaan
dan peradaban”. Dalam Soedijarto (Ed.).
Landasan dan Arah Pendidikan Nasional
Kita” ,Jakarta: PT Kompas Media
Nusantara.
Syafri, Ulil Amri, (2012), Pendidikan Karakter
Berbasis Al Qur‟an, Rajawali Pers,Jakarta.
Muhammad Bin Utsaimiin, (2002), Syarh
riyadh Ash-Shalihin, Dar As-Salam, Kairo.
Guntur Cahyono, (2017), Pendidikan Karakter
Prespektif Al-Quran dan Hadits, Jurnal
Dosen IAIN Salatiga.
Mulyasa, (2003), Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan, Rosda Karya, Bandung,
Jalaluddin. (2002), Mempersiapkan Anak Saleh.
Srigunting Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).