PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS

Rafiatul Hasanah

Abstract


Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara
sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang
berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan.

Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter prespektif Al-
Quran dan Hadits. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan

yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan
dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada
dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasil
penelitian menunjukkan Hadishadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakter
atau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya.
Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari Al-Quran dan Hadits tersebut
adalah Pertama, landasan pendidikan karakter, Kedua. Konsep pendidikan karakter dalam
islam. Ketiga, Tahap-tahap pembentukan pendidikan karakter. Keempat, Metode Iinternalisasi
pendidikan karakter. Kelima, Peran Guru dan orang tua dalam pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Sa’dun Akbar, (2010), Model Pembelajaran

Nilai dan Karakter Berbasis nilai-nilai

kehidupan di sekolah dasar. Jurnal Ilmu

Pendidikan. Volume 17 Nomor 1 tahun

Malang.

Ulil Amri Syafri, (2014) Metodologi

Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-

Qur‟an (Analisis Terhadap Ayat-Ayat Al-

Qur‟an Ber-lafadz “Yâ Âyyuhâ al-Ladzîna

Âmanû”),Uin Syarif Hadayatullah Jakarta.

Sudarsono, (2008) Pendidikan kemanusiaan

dan peradaban”. Dalam Soedijarto (Ed.).

Landasan dan Arah Pendidikan Nasional

Kita” ,Jakarta: PT Kompas Media

Nusantara.

Syafri, Ulil Amri, (2012), Pendidikan Karakter

Berbasis Al Qur‟an, Rajawali Pers,Jakarta.

Muhammad Bin Utsaimiin, (2002), Syarh

riyadh Ash-Shalihin, Dar As-Salam, Kairo.

Guntur Cahyono, (2017), Pendidikan Karakter

Prespektif Al-Quran dan Hadits, Jurnal

Dosen IAIN Salatiga.

Mulyasa, (2003), Menjadi Guru Profesional

Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan, Rosda Karya, Bandung,

Jalaluddin. (2002), Mempersiapkan Anak Saleh.

Srigunting Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.22-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ