PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPS SD
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya pemahaman konsep Ilmu PengetahuanSosial siswa, dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penggunaan media visual danaudio visual sebagai media pembelajaran dengan meningkatkan pemahaman konsep belajarsiswa di SDN Rawa Badak Selatan 09. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasAndi Suhaemi, Endang Tri Asih, Fitriyah Handayani : Peranan MediaPembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPS SDWebsite : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Emailholistika@umj.ac.id37serta menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjekdalam penelitian ini berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 orang siswaperempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dandokumentasi. Dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukanbahwa penerapan Media Pembelajaran Visual dan Media Audio Visual dapat meningkatkanpemahaman konsep belajar siswa kelas III SDN Rawa Badak Selatan 09 Kelurahan RawaBadak Selatan terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini ditunjukkan denganadanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-ratakelas diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan kelas adalah 64,07, sedangkan persentasesiswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 28,1% . Pada siklus I nilai rata-rata kelas yangdiperoleh siswa adalah 67,97 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajaradalah 46,9%. dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 78,75sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 81,2%. Kesimpulan,penerapan pembelajaran Media Pembelajaran Visual dan Audio Visual dapat meningkatkanpemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.References
M. Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media
Pembelajaran . Jakarta : Ciputat Pers
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan
Supardi. (2010). Penelitian
Tindakan Kelas.
Jakarta: PT. BumiAksara.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung :
Penerbit
Alfabeta. 2019.
Arsyad, Azhar. (2015). Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Perindo Persada
Daryanto. (2013). Media
Pembelajaran. Yogyakarta:
Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. (2003).
Undang-undang UU Nomor 20
Tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional.
(2006). Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Suprijono, A. (2009). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar.
Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).