KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KOMIK DENGAN ROLE PLAYING GAMES
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.61-70Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Sekolah Dasar yang diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantu media komik dengan role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhdari model problem based learning berbantu media komik dengan role playing games terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 61 siswa yang terdiri dari dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah diuji coba. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas menghasilkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media komik dengan role playing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Problem Based Learning, Media Komik, Role PlayingReferences
Fadella, E. F., & Prabowo, A. (2018). Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Komik Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 77–86.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan (N. Hidayah (ed.); p. 244). Ar-Ruzz Media.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (R. Sikumbang (ed.); pp. 1–240). Ghalia Indonesia.
Isrok’atun, & Rosmala Amelia. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); pp. 1–188). Bumi Aksara.
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Ournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2018). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Kurnia Wardani, T. (2013). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture,
(2), 230–243.
https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i2.2418
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).