KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KOMIK DENGAN ROLE PLAYING GAMES

Kharismatika Budinurani, Hella Jusra

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Sekolah Dasar yang diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbantu media komik dengan role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhdari model problem based learning berbantu media komik dengan role playing games terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 61 siswa yang terdiri dari dua kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah diuji coba. Analisis persyaratan yaitu uji normalitas menghasilkan kedua sampel tersebut berdistribusi normal, sedangkan hasil uji homogenitas data dari dua kelompok berdistribusi homogen. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media komik dengan role playing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Problem Based Learning, Media Komik, Role Playing


Full Text:

PDF

References


Fadella, E. F., & Prabowo, A. (2018). Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Komik Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Rasa Ingin Tahu Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 77–86.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan (N. Hidayah (ed.); p. 244). Ar-Ruzz Media.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (R. Sikumbang (ed.); pp. 1–240). Ghalia Indonesia.

Isrok’atun, & Rosmala Amelia. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); pp. 1–188). Bumi Aksara.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Ournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2018). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf

Kurnia Wardani, T. (2013). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture,

(2), 230–243.

https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i2.2418




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.61-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ