PERAN SEKOLAH BINGKAI JALANAN DALAM PENDIDIKAN KEAKSARAAN PADA ANAK JALANAN USIA SEKOLAH DASAR DI STASIUN PASAR SENEN JAKARTA PUSAT

Sri Imawati, Anggina Rolian Nasution

Abstract


ABSTRAK


Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh belum meratanya pendidikan di Indonesia khususnya bagi anak jalanan yang berekonomi lemah yang bertempat pada Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat masih terdapat buta aksara kemudian Sekolah Bingkai Jalanan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menanggulangi buta aksara anak jalanan, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana proses pembelajaran di Sekolah Bingkai Jalanan serta Peran Sekolah Bingkai Jalanan dalam pendidikan keaksaraan anak jalanan usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran Sekolah Bingkai Jalanan sangat berpengaruh besar dalam pemberantasan buta aksara anak jalanan. Hal ini dibuktikan bahwa, anak-anak jalanan yang sudah dapat membaca dan menulis menggunakan keterampilan tersebut untuk mereka gunakan di kehidupan mereka serta proses pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi mereka memberikan kesan untuk semangat dalam belajar. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang menyenangkan yang menimbulkan semangat anak jalanan untuk terus belajar menjadikan Sekolah Bingkai Jalanan sangat berperan dalam pemberantasan buta aksara anak jalanan. Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat kepada banyak orang seperti orang tua, tutor, masyarakat, dan penelitian selanjutnya.


Kata kunci: Buta Aksara, Anak Jalanan, Sekolah Bingkai Jalanan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Astri, Herlina. (2014). Kehidupan Anak Jalanan di Indoneisa: Faktor Penyebab, Tatanan Hidup dan Kerentanan Berperilaku Menyimpang. Vol 5(2): 148.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Manzilati, Asfi. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Nonformal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, Fikriryandi, Hasanah, dan Nuriyah. (2016). Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah. Vol 5(1): 54-55.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Tersiana, Andra. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit.

Yani, Ahmad. (2017). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Sektor Non Formal Pada Pembinaan Narapidana Perempuan Melalui Program Keterampilan Menjahit di Lembaga Permasyarakatan. Jurnal Transformasi Pendidikan Luar Sekolah FIP IKIP Mataram. Vol 3(2): 1.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.85-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ