PENGARUH LOGIC-MATHEMATIC INTELLIGENCE DAN COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.96-100Abstract
ABSTRAKHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat signifikansi kemampuan kognitif terhadap hasil belajar matematika; (2) terdapat pengaruh kecerdasan logis-matematik terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan hasil penelitian tentang perlakuan terhadap hasil belajar matematika, dapat diberikan kesimpulan sebagai berikut: Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik yang memiliki kecerdasan logic-matematik lebih tinggi dibandingkan dengan Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik dengan menggunakan cognitive load theory. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik di SD Muhammadiyah Palangka Raya dan sampelnya yaitu peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Palangka Raya. Sesuai dengan fenomena yang akan diteliti oleh peneliti maka dibutuhkan alat dan pengumpulan data yang relevan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes hasil belajar peserta didik. Capaian yang dinggin di dapat dalam penelitian ini yaitu penerapan yang digunakan peneliti dapat membantu meningakatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Logic-Mahematic Intelligence, Cognitive Load Theory, MatematikaReferences
Sukardjo, M. (2009). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Nur’aini, Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Swadaya Murni..
Abdi, Herve., Edelman, Betty., Valentin, Dominique., Dowling, W. Jay. Experimental Design and Analysis for Psychology. New York: Oxford University Press, 2009.
Albright, Zappe, Winston. Data Analysis, Optimization, and Simulation Modeling. Canada: Cengage Learning, 2011.
Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman, 2001.
Darmawan. Teknologi Pembelajaraan. Bandung: Rosdakarya, 2015.
Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman E., Hyun, Helen H. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill, 2012.
Kadir. Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Kalyuga. Managing Cognitive Load in Adaptive Multimedia Learning. London: IGI Global, 2009.
Majid. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya, 2013.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajarn: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi, 2013.
Oloffson and Lindberg. Informed Design of Educational Technologies in Higher Education: Enhanced Learning and Teaching. Hersey: IGI Global, 2012.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sadiman, Haryono, Rahardjito. Media Pendidikan: Pengertian Pendidikan dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers, 2012.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
Uno dan mohamad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
White, Theresa L., McBurney, Donald H. Research Methods. United States: Cengage Learning, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).