FUNGSI MANAJEMEN SDM PADA KEPALA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.108-113Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai Manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condong Catur, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriftif, serta data dan berbagai informasi yang didapatkaan melalui observasi dan wawancara. Adapun subjek penelitiannya adalah kepala Sekolah, yaitu bapak Tri Suhardi. Penelitian ini berfokus dan membahas pertanyaan yang mendasar yaitu, apakah kepala sekolah sudah menjalakan proses fungsi manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condongcatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala Sekolah SD Muhammadiyah sudah menjalankan fungsi manajemen SDM dengan baik seperti, perencanaan program pengembangan SDM dilaksanakan di awal tahun ajaran baru dengan mengadakan workshop. Pengorganisasian di dalam program pengembangan SDM dilaksanakan dengan membuat kepanitian dan pembagian tugas, serta bertanggung jawab terhadap berjalannya program. Begitu pula dengan pelaksanaan program pengembangan SDM telah berjalan sesuai dengan yang di rencaakan.Kata kunci:Fungsi, Manajemen, SDMReferences
REFERENSI
Aedi. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen.
Armstrong, Michael. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, Panduan Praktis Untuk Bertindak. Jakarta: Gramedia.
Crdoso, Faustino. (2000). MSDM. Yogyakarta: Andi Yogya,.
Hasibuan, Mulyana. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Irianto, Jusuf. (2001). Tema-Tema Pokok Manajemen SDM. Jakarta: SIC Group.
Martoyo, Susilo. (1986). MSDM. Yogyakarta: BPFF.
QurrotainI, Lativa & Al, Azmi, Bahij. (2017) Jurnal Holistika: Partisipasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Adiwiyata. 01(01), 01.
Rasidi & Istiningsih, Galih & Purwandara, Septiyanti. (2017). Jurnal Holistika: Kompetensi Kepala Sekolah dalam Instructional Leadership SD Negeri Berpotensi Bencana di Kabupaten Magelang. 01(01), 37.
Tri, Iin, Rahayu dan Ardani, Tristiadi. (2004). Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).