FUNGSI MANAJEMEN SDM PADA KEPALA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Ainun Mardiah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai Manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condong Catur, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriftif, serta data dan berbagai informasi yang didapatkaan melalui observasi dan wawancara. Adapun subjek penelitiannya adalah kepala Sekolah, yaitu bapak Tri Suhardi. Penelitian ini berfokus dan membahas pertanyaan yang mendasar yaitu, apakah kepala sekolah sudah menjalakan proses fungsi manajemen SDM di SD Muhammadiyah Condongcatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala Sekolah SD Muhammadiyah sudah menjalankan fungsi manajemen SDM dengan baik seperti, perencanaan program pengembangan SDM dilaksanakan di awal tahun ajaran baru dengan mengadakan workshop. Pengorganisasian di dalam program pengembangan SDM dilaksanakan dengan membuat kepanitian dan pembagian tugas, serta bertanggung jawab terhadap berjalannya program. Begitu pula dengan pelaksanaan program pengembangan SDM telah berjalan sesuai dengan yang di rencaakan.


Kata kunci:Fungsi, Manajemen, SDM


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aedi. (2016). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen.

Armstrong, Michael. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, Panduan Praktis Untuk Bertindak. Jakarta: Gramedia.

Crdoso, Faustino. (2000). MSDM. Yogyakarta: Andi Yogya,.

Hasibuan, Mulyana. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Irianto, Jusuf. (2001). Tema-Tema Pokok Manajemen SDM. Jakarta: SIC Group.

Martoyo, Susilo. (1986). MSDM. Yogyakarta: BPFF.

QurrotainI, Lativa & Al, Azmi, Bahij. (2017) Jurnal Holistika: Partisipasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Adiwiyata. 01(01), 01.

Rasidi & Istiningsih, Galih & Purwandara, Septiyanti. (2017). Jurnal Holistika: Kompetensi Kepala Sekolah dalam Instructional Leadership SD Negeri Berpotensi Bencana di Kabupaten Magelang. 01(01), 37.

Tri, Iin, Rahayu dan Ardani, Tristiadi. (2004). Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.108-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ