DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MEMPERTAHANKAN STUDENT WELLBEING’S KELAS 2 SD LAB SCHOOL FIP UMJ

Authors

  • Imam Mujtaba Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dindin Rosyidin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Andriyani Andriyani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.1-10

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Lab School FIP UMJ kelas 2 dalam upaya mempertahankan student’s well-being pada era pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Desain pembelajaran yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Dick and Carey yang terdiri dari: mengidentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis intraksional, analaisis siswa dan konteks, merumuskan tujuan pembelajaran khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, penggunaan bahan ajar, merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, melakukan revisi terhadap program pembejalaran dan merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif. Desain pembelajaran PAI di Lab School FIP UMJ sangat bermanfaat untuk sekolah dalam mempertahankan student’s well-being, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif.Kata kunci : desain pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, student’s well-being, pandemi covid 19.

References

REFERENSI

Adawiyah, R. (2021). RPP Al Islam Kelas 2 SD Lab School FIP UMJ (p. ). Sekolah Dasar Lab School FIP UMJ.

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Baedhowi, A. A. (2017). Kurikulum Pendidikan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Tahun 2017. Majlis Dikdasmen PP Muhammadiyah.

Centre for Adolescent Health, Evans-Whipp, T., Mundy, L., Canterford, L., Patton, G. C., & Australia. Department of Education and Training. (2018). Student wellbeing, engagement and learning across the middle years.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4781

Karyani, U., Prihartanti, N., Dinar, W., Lestari, R., Hertinjung, W. S., Prasetyaningrum, J., Yuwono, S., & Partini, D. (2015). The Dimensions of Student Well-being. Seminar PSikologi & Kemanusiaan, 413–419. https://doi.org/27/18/4969

Kemendikbud. (2012). Kurikulum 2013. In Kemdikbud RI (p. ). Kemdikbud RI. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id

Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Na’imah, T., & Tanireja, T. (2017). Student Well-being pada Remaja Jawa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.979

Noble, T., & Mcgrath, H. (2016). The PROSPER School Pathways for Student Wellbeing Policy and Practices. In Springer. Springer International Publishing. http://www.springer.com/series/10150

Nuraini, M. F. M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 52. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.167

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Reigeluth, C. M. (2013). What is instructional-design theory and how is it changing? Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory, 2(January 1999), 5–29. https://doi.org/10.4324/9781410603784-6

Roffey, S. (2012). Pupil wellbeing -Teacher wellbeing: Two sides of the same coin? Educational and Child Psychology, 29(4), 8–17.

Syadzili, M. F. R. (2018). Peran Desain Pembelajaran dalam Pengembangan Moral Anak Didik. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 128–135. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/170

Walter Dick, Lou Carey, J. O. C. (2015). The Systematic Design of Instruction (J. Johnson (ed.)). Pearson. www.ablongman.com

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Mujtaba, I., Rosyidin, D., & Andriyani, A. (2023). DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MEMPERTAHANKAN STUDENT WELLBEING’S KELAS 2 SD LAB SCHOOL FIP UMJ. Jurnal Holistika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.1-10

Issue

Section

Articles