PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.11-16Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan sekolah dan manajemen kelas yang kurang kondusif serta kurangnya motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Tengah 10 pada siswa kelas tinggi, yaitu kelas IVa, Va, dan VIa. Penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan uji regresi berganda untuk mencari pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dengan jumlah sampel 70 responden. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,4%. Terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33,2%. Dan terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 37,4% Kata kunci: lingkungan sekolah, manajemen kelas, motivasi belajarReferences
REFERENSI
Erwinsyah, Alfian. 2017. Jurnal TADBIR : Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Volume 5, Nomor 2.
Oktavia, Dita. Dkk. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Di SMA. Pontianak: FKIP Untan.
Oktaviana, Ira. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Rustiyarso, Dita Oktavia dan Izhar Salim. 2016. Jurnal Khatulistiwa: Pendidikan dan Pemberdayaan. Vol 5. No. 1 Sidik, Zafar dan A Sobandi. 2018. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 3 No. 2, Juli, Hal. 190-198 (e-ISSN 2656-4734/ p-ISSN 2686-5491) DOI Prefix 10.17509/jpm by Crossref.
Susanti, Titik. 2015. Naskah Publikasi yang Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).