PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Sholehuddin Sholehuddin, Rahmawati Kusuma Wardani

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan sekolah dan manajemen kelas yang kurang kondusif serta kurangnya motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Tengah 10 pada siswa kelas tinggi, yaitu kelas IVa, Va, dan VIa. Penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana untuk mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan uji regresi berganda untuk mencari pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dengan jumlah sampel 70 responden. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,4%. Terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33,2%. Dan terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 37,4% 

Kata kunci: lingkungan sekolah, manajemen kelas, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Erwinsyah, Alfian. 2017. Jurnal TADBIR : Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Volume 5, Nomor 2.

Oktavia, Dita. Dkk. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Sosiologi Di SMA. Pontianak: FKIP Untan.

Oktaviana, Ira. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Rustiyarso, Dita Oktavia dan Izhar Salim. 2016. Jurnal Khatulistiwa: Pendidikan dan Pemberdayaan. Vol 5. No. 1 Sidik, Zafar dan A Sobandi. 2018. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 3 No. 2, Juli, Hal. 190-198 (e-ISSN 2656-4734/ p-ISSN 2686-5491) DOI Prefix 10.17509/jpm by Crossref.

Susanti, Titik. 2015. Naskah Publikasi yang Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.11-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ