34 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN DAN GEOMETRI (PARI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV

Rizka Veny Andraeni, Arie Supriyatna, Galih Istiningsih

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap emahaman konsep Matematika Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Jurangombo 1 Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi 18 siswa. Metode pengambilan data dilakukan melalui tes dan observasi. Uji validitas instrument dilakukan melalui uji validitas ahli dan empiris. Uji validitas empiris menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS statistics 25 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Sedangkanuntuk analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu Uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 dan t skor sebesar -11.214. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes pemahaman konsep Matematika yaitu pengukuran awal (pretest) 62,33 dan pengukuran akhir (posttest) 79,78. Sehingga hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning berbantuan Media PARI berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.

Kata kunci: Problem Based Learning, PARI, Pemahaman Konsep, Matematika


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Andika, D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Holistika, 1- 6

Dewana, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Tidak dipublikasikan

Fistaningsih, D. (2011). Peningkatan dan Pemahaman Matematika . Purwokerto: UMP

Herdian. (2011). Metode Pembelajaran Discovery. pp. 12-20

Jaeng, M. (2004). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Cara Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil (PPKK). Surabaya: Program Pasca Sarjana : Universitas Negeri Surabaya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sundayana, R. (2013:43). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.34-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ