UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SDN KRUKUT 1

Hetty Susanti, Rohimi Zamzam

Abstract


ABSTRAK
Upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media pembelajaran kartu huruf pada siswa kelas I SDN Krukut 1, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap kemampuan membaca anak, khususnya siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Krukut 1 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari hasil belajar yang dianggap kurang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada siswa untuk mencari informasi seberapa besar kemampuan membaca anak meningkat, dari jumlah populasi sebanyak 44 siswa Setelah proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran kartu huruf yaitu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca anak pada setiap siklus (prasiklus, yaitu nilai membaca dan pemahaman rata-ratanya mencapai 60,00. Siklus I meningkat dari nilai rata-rata siswa yaitu membaca pemahaman mencapai 62,60, dan siklus II pemahaman siswa terhadap isi bacaan mengalami peningkatan mencapai rata-rata 77,72. Sedangkan hasil belajar kelompok pada siklus II kelompok m A dan B rata-rata memiliki keaktifan, perhatian, kerjasama dan ketepatan sebesar 85%, lebih besar dari kelompok lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.

Kata kunci: Media pembelajaran kartu huruf, Kemampuan membaca anak,


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2012.

Dimyanti dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta 2015.

Baharudin dan Nur Esa Wahyuni. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruz Media 2015.

Slameto. Belajar Dan Foktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta :PT.Rineka Cipta 2013.

Budingsih, Asri. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta 2012.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Guntur Tarigan, Henry. Membaca (Sebagai Suatu Kerterampilan Berbahasa). Bandung : Angkasa 2015.

Wilis Dahar, Ratna. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga 2011.

Suyono, Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung : Rosda.2011.

Aqib, Zainal dan Amrullah Ahmad. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi). Bandung : Yrama Widya 2006




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.41-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ