UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SDN KRUKUT 1
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.41-46Abstract
ABSTRAKUpaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media pembelajaran kartu huruf pada siswa kelas I SDN Krukut 1, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran kartu huruf terhadap kemampuan membaca anak, khususnya siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Krukut 1 Depok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang mengumpulkan informasi tentang karakteristik, tindakan, pendapat dari hasil belajar yang dianggap kurang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada siswa untuk mencari informasi seberapa besar kemampuan membaca anak meningkat, dari jumlah populasi sebanyak 44 siswa Setelah proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran kartu huruf yaitu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca anak pada setiap siklus (prasiklus, yaitu nilai membaca dan pemahaman rata-ratanya mencapai 60,00. Siklus I meningkat dari nilai rata-rata siswa yaitu membaca pemahaman mencapai 62,60, dan siklus II pemahaman siswa terhadap isi bacaan mengalami peningkatan mencapai rata-rata 77,72. Sedangkan hasil belajar kelompok pada siklus II kelompok m A dan B rata-rata memiliki keaktifan, perhatian, kerjasama dan ketepatan sebesar 85%, lebih besar dari kelompok lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.Kata kunci: Media pembelajaran kartu huruf, Kemampuan membaca anak,References
REFERENSI
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2012.
Dimyanti dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta 2015.
Baharudin dan Nur Esa Wahyuni. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruz Media 2015.
Slameto. Belajar Dan Foktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta :PT.Rineka Cipta 2013.
Budingsih, Asri. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta 2012.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya 2009.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Guntur Tarigan, Henry. Membaca (Sebagai Suatu Kerterampilan Berbahasa). Bandung : Angkasa 2015.
Wilis Dahar, Ratna. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga 2011.
Suyono, Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung : Rosda.2011.
Aqib, Zainal dan Amrullah Ahmad. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi). Bandung : Yrama Widya 2006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).