PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.54-60Abstract
ABSTRAKPembelajaran jarak jauh di masa pandemic covid-19 dilakukan pada semua jenjang dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Ecampus fip umj adalah aplikasi berbasis web untuk kegiatan pembelajaran elearning. Platform ecampus fip umj pembelajaran bisa dilaksanakan secara online dari jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa efektivitas pembelajaran menggunakan LMS Program Studi PGSD pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD Awal. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 79 mahasiswa. Pengumpulan data yang menggunakan kuisioner. Teknik pengumpulan data menggunakan data non tes bentuk observasi, kuisioner dan dokumentasi. Angket efektivitas menggunakan skala likert. Hasil survey menunjukkan rata-rata respon mahasiswa terdapat 39,8% mahasiswa setuju kemudahan mengakses ecampus, 40,98% mahasiswa setuju jika pemahaman materi dalam pembelajaran menggunakan ecampus, 40,5% mahasiswa setuju jika ecampus efektiv digunakan dalam pembelajaran daring, dan 41,8% mahasiswa setuju dalam penggunaan ecampus dalam kuis atau ujian mata kuliah Pendidikan Matematika SD Awal. PJJ tidak bisa 100% menggantikan pembelajaran secara konvensional (tatap muka) di dalam kelas tapi setidaknya agar roda pendidikan terus berputar dan tidak mati total lumpuh karena Covid-19.Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, LMS, Pandemi Covid-19References
REFERENSI
Anderson, E., & Hira, A. (2020). Loss of brick-and-mortar schooling: how elementary educators respond. Information and Learning Science, 121(5–6), 401–408. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0085
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395
Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning google classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication, 1(1), 24–27.
http://ecampus-fip.umj.ac.id/.
https://www.mediaedutama.co.id/learning-management-system-lms.html
Lonn, S., & Teasley, S. D. (2009). Saving time or innovating practice: Investigating perceptions and uses of Learning Management Systems. Computers & Education, 53(3), 686–694. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.04.008
Nadziroh, F. (2017). The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–14.
Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri%20Nomor%204%20Tahun%202020 %20cap.pdf
Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Sesjen%20Nomor%2015%20Tahun%202020.Pdf
Slavin, R.E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Wibowo, Y. A., et al. (2019). Perencanaan Mitigasi Bencana Banjir Non-Struktural Di Daerah Aliran Sungai Comal Hilir, Jawa Tengah. JPIG Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 4(2), 87–100. https://doi.org/10.21067/jpig.v4i2.3632
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).