PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI MASA PANDEMI COVID-19

Linda Astriani, Ismah Ismah

Abstract


ABSTRAK
Pembelajaran jarak jauh di masa pandemic covid-19 dilakukan pada semua jenjang dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Ecampus fip umj adalah aplikasi berbasis web untuk kegiatan pembelajaran elearning. Platform ecampus fip umj pembelajaran bisa dilaksanakan secara online dari jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa efektivitas pembelajaran menggunakan LMS Program Studi PGSD pada mata kuliah Pendidikan Matematika SD Awal. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 79 mahasiswa. Pengumpulan data yang menggunakan kuisioner. Teknik pengumpulan data menggunakan data non tes bentuk observasi, kuisioner dan dokumentasi. Angket efektivitas menggunakan skala likert. Hasil survey menunjukkan rata-rata respon mahasiswa terdapat 39,8% mahasiswa setuju kemudahan mengakses ecampus, 40,98% mahasiswa setuju jika pemahaman materi dalam pembelajaran menggunakan ecampus, 40,5% mahasiswa setuju jika ecampus efektiv digunakan dalam pembelajaran daring, dan 41,8% mahasiswa setuju dalam penggunaan ecampus dalam kuis atau ujian mata kuliah Pendidikan Matematika SD Awal. PJJ tidak bisa 100% menggantikan pembelajaran secara konvensional (tatap muka) di dalam kelas tapi setidaknya agar roda pendidikan terus berputar dan tidak mati total lumpuh karena Covid-19.
Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh, LMS, Pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anderson, E., & Hira, A. (2020). Loss of brick-and-mortar schooling: how elementary educators respond. Information and Learning Science, 121(5–6), 401–408. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0085

Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395

Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning google classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication, 1(1), 24–27.

http://ecampus-fip.umj.ac.id/.

https://www.mediaedutama.co.id/learning-management-system-lms.html

Lonn, S., & Teasley, S. D. (2009). Saving time or innovating practice: Investigating perceptions and uses of Learning Management Systems. Computers & Education, 53(3), 686–694. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.04.008

Nadziroh, F. (2017). The Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–14.

Kemendikbud. (2020a). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri%20Nomor%204%20Tahun%202020 %20cap.pdf

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Sesjen%20Nomor%2015%20Tahun%202020.Pdf

Slavin, R.E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Wibowo, Y. A., et al. (2019). Perencanaan Mitigasi Bencana Banjir Non-Struktural Di Daerah Aliran Sungai Comal Hilir, Jawa Tengah. JPIG Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 4(2), 87–100. https://doi.org/10.21067/jpig.v4i2.3632




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.54-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ