PENGEMBANGAN MODUL BAGUN DATAR BERBASIS PAIKEM UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.61-71Abstrak
ABSTRAKPenelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model Hannafin & Peck. Dalam pelaksanaannya terdapat tiga tahapan prosedur penelitian meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Modul ini memuat pembelajaran bidang datar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa SD diantaranya menggunakan gambar benda konkret dan aktifitas fisik yang menarik dan menyenangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01. Pada tahap pengembangan modul di validasi oleh tiga ahli antara lain ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dan skor rata-rata dari para ahli sebesar 91,11% artinya modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak digunakan siswa kelas tinggi sekolah dasar. Setelah diterapkan pada siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01 diperoleh rerata skor post-test (84) lebih tinggi dari rerata skor pre-test (52). Hasil tersebut menunjukkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi. Dengan demikian modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar Matematika oleh siswa sekolah dasar kelas tinggi.Kata kunci: Bidang Datar, Matematika, PAIKEMReferensi
REFERENSI
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 BAB II Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Putri, Ratu Ilma Indra. (2011). Pembelajaran Materi Bangun Datar melalui Cerita menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 18(2).
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Aflabeta.
Ruhimat, Toto. (2019) Pengembangan Pembelajaran Siswa Aktif (Active Learning). Jurnal UPI
Shadiq F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudarwan Danim dan Khairil. (2011). Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori Praktik di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Rajawali Press.
Sungkono. Pengembangan Bahan Ajar Modul. Jurnal UNY
Suparman, Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Supriatna, D dan Mulyadi, M. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Surya Dharma. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syah, Muhibbin. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Turmudi, (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).