PENGEMBANGAN MODUL BAGUN DATAR BERBASIS PAIKEM UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Faiz Azhar Arhayu, Yurniwati Yurniwati, Fahrurrozi Fahrurrozi

Abstract


ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model Hannafin & Peck. Dalam pelaksanaannya terdapat tiga tahapan prosedur penelitian meliputi analisis, desain, dan pengembangan. Modul ini memuat pembelajaran bidang datar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa SD diantaranya menggunakan gambar benda konkret dan aktifitas fisik yang menarik dan menyenangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01. Pada tahap pengembangan modul di validasi oleh tiga ahli antara lain ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dan skor rata-rata dari para ahli sebesar 91,11% artinya modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak digunakan siswa kelas tinggi sekolah dasar. Setelah diterapkan pada siswa kelas IV SDN Pejaten Barat 01 diperoleh rerata skor post-test (84) lebih tinggi dari rerata skor pre-test (52). Hasil tersebut menunjukkan modul Asyiknya Belajar Bangun Datar dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas tinggi. Dengan demikian modul Asyiknya Belajar Bangun Datar layak dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar Matematika oleh siswa sekolah dasar kelas tinggi.
Kata kunci: Bidang Datar, Matematika, PAIKEM


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 BAB II Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Putri, Ratu Ilma Indra. (2011). Pembelajaran Materi Bangun Datar melalui Cerita menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 18(2).

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Aflabeta.

Ruhimat, Toto. (2019) Pengembangan Pembelajaran Siswa Aktif (Active Learning). Jurnal UPI

Shadiq F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarwan Danim dan Khairil. (2011). Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori Praktik di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Rajawali Press.

Sungkono. Pengembangan Bahan Ajar Modul. Jurnal UNY

Suparman, Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Supriatna, D dan Mulyadi, M. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Surya Dharma. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syah, Muhibbin. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Turmudi, (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.61-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ